Selasa 25 Januari 2022, 16:14 WIB

Pemkab OKI Salurkan Benih Padi untuk Petani dengan Sawah Kebanjiran

Dwi Apriani | Nusantara
Pemkab OKI Salurkan Benih Padi untuk Petani dengan Sawah Kebanjiran

Antara/Oky Lukmansyah.
Ilustrasi sawah kebanjiran.

 

PEMERINTAH Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatra Selatan, menyalurkan 7.000 kilogram benih padi untuk petani di sembilan desa yang sawahnya terdampak banjir. Benih padi varietas Inpari 32 itu untuk lahan sawah seluas 1.380 hektare di Kecamatan Lempuing Jaya.

"Saya berharap musim tanam selanjutnya tidak ada banjir lagi. Dengan demikina petani bisa menikmati bantuan benih ini dengan mendapatkan hasil melimpah," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura Kabupaten Ogan Komering Ilir (KPTPH OKI), Sahrul, Selasa (25/1/2022). Sahrul mengemukakan bahwa bantuan yang diberikan merupakan komitmen Pemkab OKI dalam pemulihan ekonomi bagi petani yang terdampak banjir.

Menurut dia, pemkab OKI kini juga mengupayakan bantuan benih melalui Cadangan Benih Nasional (CBN) Kementerian Pertanian. "Bantuan yang diserahkan tentu belum cukup. Kami masih proses pengusulan bantuan," ujarnya. 

Sementara itu, Nopriyadi, Koordinator Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Lempuing Jaya, menjelaskan varietas Inpari 32 dipilih karena memiliki nilai ekonomi tinggi. Harapannya, benih tersebut dapat memberikan perbaikan nilai kesejahteraan kepada petani terdampak banjir. "Sebagian petani memanfaatkan sisa benih saat tanam lalu," terang Nopri.

Baca juga: Bentrok di Sorong Jangan Sampai Jadi Perhatian Dunia

Nopri menjelaskan rata-rata lahan pertanian di Lempuing Jaya IP 200. Oleh karena itu petani langsung menanam kembali karena lahan sawah telah kering serta mengejar target musim tanam periode April. (OL-14)

Baca Juga

HO

Habaib Dan Kiai Jatim Doakan Gus Muhaimin Presiden 2024

👤Widhoroso 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:57 WIB
PARA habaib dan kiai serta ribuan warga dari berbagai daerah di Jawa Timur (Jatim) mendoakan Muhaimin Iskandar sebagai Presiden...
DOK.MI

Tanah Longsor di Mamasa, 2 Tewas dan 6 Desa Terisolasi

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:55 WIB
BPBD bersama tim gabungan terus berupaya melakukan penanganan darurat di lokasi terdampak guna menemukan kemungkinan adanya korban...
ANTARA

Sopir Angkot Palembang Resah Dengan Penerapan Aplikasi MyPertamina

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 01 Juli 2022, 22:24 WIB
MESKI belum diterapkan di Palembang, Sumatera Selatan, namun masyarakat mulai mempertanyakan penggunaan aplikasi MyPertamina untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya