Kamis 06 Januari 2022, 09:24 WIB

Puluhan Ribu Stok Vaksin Covid-19 di Jawa Tengah Kedaluwarsa 13 Januari 2022

Akhmad Safuan | Nusantara
Puluhan Ribu Stok Vaksin Covid-19 di Jawa Tengah Kedaluwarsa 13 Januari 2022

dok.ant
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kabupaten/kota menggiatkan vaksinasi covid-19 karena dekati masa kedaluarsa pada 13 Januari 2022

 

PEMERINTAH Provinsi Jawa Tengah, meminta kabupaten/kota menggiatkan pelaksanaan vaksinasi hingga akhir Januari ini. Baik untuk umum, lansia, pelajar maupun anak usia 6-11 tahun karena puluhan ribu dosis vaksin covid-19 mendekati kedaluwarsa.

"Saya minta daerah terus genjot pelaksanaan vaksinasi, sekali lagi saya ingatkan para bupati maupun wali kota tentang masa kedaluwarsa vaksin covid-19," kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Berdasarkan catatan yang ada, ungkap Ganjar Pranowo, batas waktu kedaluwarsa vaksin covid-19 yang ada saat ini hingga tanggal 13 Januari mendatang, meskipun ada stok vaksin masa kedaluwarsa hingga 31 Januari mendatang, sehingga percepatan vaksinasi dilaksanakan di daerah akan berdampak pada penyerapan vaksin.

Baca Juga: Gagal Jadi Kadis, Seorang ASN di Lembata Ancam Bupati

Daerah yang masih memiliki stok vaksin cukup banyak, lanjut Ganjar Pranowo, harus segera melakukan percepatan vaksinasi baik itu untuk umum, lansia, pelajar maupun anak usia 6-11 tahun, sehingga stok vaksin yang ada tidak sampai kedaluwarsa.

Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo mengatakan mengantisipasi kedaluwasaan vaksin covid-19 saat ini, selain mendorong pemerintah daerah lakukan percepatan vaksinasi untuk menghabiskan sisa stok yang ada, juga dilakukan pemetaan vaksin kedaluwarsa yang masih ada di daerah.

Berdasarkan data sementara yang masuk, ungkap Yulianto Prabowo, jumlah vaksin di daerah yang mendekati masa kedaluwarsa mencapai puluhan ribu dosis, Di Jepara dilaporkan ada 4.150 dosis terancam kedaluwarsa, Cilacap 13 ribu dosis dan terbanyak Kabupaten Pati terdapat 23 ribu dosis.

Bupati Jepara Andi Kristiandi menjamin tidak akan terjadi vaksin kedaluwarsa karena pelaksanaan vaksinasi terus dikebut hingga 13 Januari mendatang untuk menghabiskan stok yang ada. "Vaksin yang ada langsung didistribusikan ke puskesmas dan tetap aman disuntikan sebelum masa kedaluwarsa," imbuhnya. (OL-13)

Baca Juga: Dinyatakan Negatif Covid-19, Messi Kembali ke Paris

Baca Juga

MI/SUMARYANTO

Danau Toba Jadi Destinasi Berbasis Energi Hijau Pertama di Indonesia

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 05 Desember 2022, 10:52 WIB
Melalui sertifikat Renewable Energy Certificate (REC), DPSP Danau Toba dipasok 10 megawatt hour (MWh) dan siap menjadi tujuan wisata yang...
Dok. BPIP

45 Ikon Prestasi Pancasila Ikuti Kirab Pancasila

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 05 Desember 2022, 10:23 WIB
Kepala BPIP Yudian Wahyudi berterima kasih kepada masyarakat Yogyakarta yang sudah menerima BPIP...
MI/Dwi Apriani

Emak-emak di Palembang Sumringah dapat Voucher Sembako Murah Relawan SandiUno

👤Dwi Apriani 🕔Senin 05 Desember 2022, 10:20 WIB
UKM Sahabat Sandiuno Palembang menggelar Bazar Sembako Murah di Jalan Pasundan Lorong Yuka 1, Kota Palembang, Sumatra...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya