Selasa 30 November 2021, 23:27 WIB

Yogyakarta Gencarkan Vaksinasi Relawan Kesehatan

Ant | Nusantara
Yogyakarta Gencarkan Vaksinasi Relawan Kesehatan

Antara
Vaksinasi tenaga kesehatan

 

PEMERINTAH Daerah Istimewa Yogyakarta mulai menggencarkan vaksinasi dosis ketiga untuk para relawan yang mencakup tenaga pendukung kesehatan serta tenaga penunjang layanan covid-19 di provinsi itu.

Pelaksanaan vaksinasi massal dosis ketiga tersebut digelar, Selasa (30/11), di sejumlah lokasi yakni di Kantor PMI DIY, Gedung Grha Wana Bhakti Yasa, Gedung Mandala Bhakti Wanitatama, serta Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping.

"Kami harapkan dengan dukungan ini mereka bisa memberikan kontribusi maksimal dalam pelayanan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana.

Vaksin dosis ketiga tersebut diberikan kepada seluruh relawan yang menangani berbagai kegiatan baik dari relawan BPBD maupun relawan dari sejumlah komunitas di masyarakat. Menurut Biwara, pelaksanaan vaksinasi pada hari pertama ditargetkan mencapai sebanyak 680 dosis dari jumlah peserta yang sudah mendaftar sebanyak 4.152 orang.

Ia mengatakan vaksin 'booster' tersebut merupakan bentuk dukungan kepada para relawan sebagai garda terdepan dalam pelayanan, sebagai antisipasi menghadapi potensi bencana hidrometeorologi, serta momentum Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu, Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X yang meninjau pelksanaan vaksinasi itu berharap agar vaksin 'booster' itu mampu menjangkau seluruh relawan sebagai garda terdepan. "Hal ini perlu dilakukan agar mereka sebagai garda terdepan bisa lebih siap, tentunya dalam rangka menghadapi Natal dan tahun baru serta kejadian-kejadian ekstrem akibat perubahan iklim. Ini harus kita apresiasi," ujar Paku Alam.

Ketua PMI DIY GBPH Prabukusumo menyampaikan bahwa vaksin dosis ketiga itu sangat dibutuhkan sebagai perlindungan bagi para relawan karena mereka sangat rentan. "Jadi dengan vaksin 'booster' ini jadi lebih meningkatkan imunitas seseorang khususnya relawan dalam bertugas," tandas Prabukusumo. (OL-8)

 

 

Baca Juga

ANTARA

Buaya Terkam Bocah Berusia 9 Tahun di Agam

👤Yose Hendra 🕔Senin 17 Januari 2022, 17:38 WIB
TIM gabungan Polres Agam, Sumbar dan BKSDA setempat masih melakukan pencarian terhadap, AP, bocah berusia 9 tahun yang diduga diterkam...
ANTARA

Harga Minyak Goreng di Banyumas Masih Tinggi, Warga Minta OP Lagi

👤Lilik Darmawan 🕔Senin 17 Januari 2022, 17:25 WIB
MASYAKARAT di Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) meminta kepada pemerintah untuk menggelar operasi pasar (OP) minyak goreng lagi. Sebab,...
DOK MI

Polisi Masih Dalami Kasus Kekerasan Dalam Perpeloncoan di SMAN 1 Ciamis

👤Adi Kristiadi 🕔Senin 17 Januari 2022, 17:15 WIB
POLRES Ciamis, Jawa Barat masih menyelidiki kasus perpeloncoaan yang terjadi di SMN 1...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya