Selasa 16 November 2021, 11:35 WIB

Warga Jangan Dulu Melintas di Jalan Trans Kalimantan-Bukit Rawi Berbahaya

Surya Sriyanti | Nusantara
Warga Jangan Dulu Melintas di Jalan Trans Kalimantan-Bukit Rawi Berbahaya

dok.Humas Polda Kalteng
Kepolisian meminta masyarakat tidak melintas di Trans Kalimantan-Bukit Rawi karena ketinggian air lebih dari 1 meter, Selasa (16/11)

 

POLDA Kalteng minta kepada warga untuk sementara tidak melintasi daerah banjir yang terjadi di Jalan Trans Kalimantan di Bukit Rawi, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau akibat debit air semakin tinggi hampir mencapai 1 meter.

Kabidhumas Polda Kalteng Kombes Pol K. Eko Saputro, S.H., M.H. mengatakan sampai sekarang pihaknya terus melakukan monitoring perkembangan titik-titik banjir serta memasang spanduk himbauan untuk menghalau kendaraan yang menuju ke arah lokasi banjir.

"Kami bersama TNI, BPBD, Dishub, Dinsos, Satpol PP dan Damkar juga sudah menyiapkan posko dan dampur umum bagi warga yang terdampak banjir," ucap Eko seperti yang dalam keterangan tertulisnya, yang dikutip Selasa (16/11).

Untuk diketahui, dari informasi, saat ini ketinggi debit air naik hingga mencapai sekitar 97cm akibat hujan yang terjadi selama sepekan ini sehingga mengakibatkan  meluapnya Daerah Aliran Sungai (DAS Kahayan) yang lokasinya berdekatan dengan jalan tersebut.

Padahal jalan ini merupakan akses penting yang menghubungkan Palangka Raya dengan sejumlah Kabupaten yang berada di DAS Barito seperti Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Murung Raya  dan juga Gunung Mas.

Memang ada jalur lain untuk sampai ke k abupaten yang berada di DAS Barito tersebut,  yakni dengan cara memutar dari Palangka Raya dengan melewati sejumlah kabupaten di Kalsel.Namun jika melewati jalur ini jarak tempuh semakin jauh yakni sekitar 15 jam, sementara bila melewati Jalan yang banjir itu hanya sekitar 4-6 jam.

Dibagian lain Kabid Humas Polda Kalteng mengatakan, akses jalan utama yakni Jalan Lintas Kalimantan - Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas sudah ditutup karena tidak bisa dilalui kendaraan apapun.

"Kami himbau kepada warga yang hendak melintasi jalur Lintas Kalimantan - Kuala Kurun untuk tidak berpergian jika tidak ada keperluan mendesak," pesan Eko. (OL-13)

Baca Juga: Pasar Kahayan masih Kebanjiran Pedagang Pilih Tak Jualan

 

Baca Juga

DOK MI

Polres Demak Masuk Selidiki Kasus Mayat dalam Kardus

👤Akhmad Safuan 🕔Senin 15 Agustus 2022, 14:24 WIB
POLRES Demak, Jawa Tengah masih menyelidiki kasus penemukan mayat perempuan dalam kardus di ruas Jalan Demak-Jepara di Desa Pasir,...
Medcom

Cuaca Ekstrem Picu Bencana Di Bandung Barat

👤Depi Gunawan 🕔Senin 15 Agustus 2022, 14:13 WIB
CUACA ekstrem menyebabkan bencana alam di sejumlah wilayah Kabupaten Bandung Barat, Bandung...
Dok. Pemprov Jateng

HUT ke-72 Jateng, Ganjar Ingatkan Jajaran Pemda Nilai Perjuangan Wong Cilik

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 15 Agustus 2022, 14:11 WIB
Ganjar menyebut, praktik korupsi merupakan pengkhianatan terhadap kerja keras wong...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya