Rabu 10 November 2021, 20:25 WIB

Bertaraf Internasional, Kapasitas RS Haji Medan akan Bertambah 20 Kali Lipat

Yoseph Pencawan | Nusantara
Bertaraf Internasional, Kapasitas RS Haji Medan akan Bertambah 20 Kali Lipat

DOK/Pemprov Sumut
Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi (baju putih)

 


PEMERINTAH Provinsi Sumatra Utara berencana mengembangkan Rumah Sakit Haji Medan menjadi rumah sakit bertaraf internasional.

Awalnya, proyek pengembangan direncanakan dimulai pada Maret 2021. Namun, karena terjadi lonjakan kasus covid-19, pemprov terpaksa menunda rencana itu.

Rumah Sakit (RS) Haji Medan kemudian difungsikan sebagai salah satu
fasilitas kesehatan yang menjadi rujukan pasien covid-19, khusus untuk pasien ibu dan anak.

Kini setelah lonjakan kasus mereda, rencana itu kembali dilanjutkan. Untuk menggesanya, Gubernur Edy Rahmayadi mengaku sudah melobi dukungan
pembiayaan dari pemerintah pusat.

Dia telah mengadakan pertemuan dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin untuk menyampaikan rencana tersebut. Pertemuan diadakan di rumah dinas Menkes, di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan, Senin (8/11).

Hasil dari pertemuan, Menkes berjanji akan membawa aspirasi Sumut ini ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas).

RS Haji Medan merupakan rumah sakit di bawah kewenangan Pemprov Sumut.
Lokasinya berada di Kelurahan Kenangan Baru, Kecamatan Percut Seituan, Kabupaten Deliserdang. Rumah sakit ini akan dikembangkan berdampingan dengan kawasan Sport Centre Sumut.

Saat ini RS Haji Medan memiliki kapasitas total sekitar 235 kamar dengan tarif Rp100.000 sampai dengan Rp900.000 per malam.

Menurut Gubernur, setelah dikembangkan menjadi bertaraf internasional, kapasitas rumah sakit ini bertambah lebih dari 20 kali lipat.

"RS Haji Internasional direncanakan akan memiliki lima ribu kamar dengan fasilitas dan pelayanan yang lengkap," katanya.

Itu juga berarti fasilitas dan pelayanan medis rumah sakit akan lebih
banyak dari yang ada sekarang. Saat ini RS Haji Medan memiliki sudah dilengkapi dengan fasilitas aula, tempat parkir, masjid, kantin, ambulans dan koperasi.

Unit pelayanan medis yang sudah dimiliki antara lain IGD,  rawat jalan, rawat inap, instalasi rawat intensif serta instalasi rehabilitasi medik dan fisioterapi. Rumah sakit ini juga melayani proses hemodialisa, neurodiagnostik dan medical check up.

Sementara instalasi penunjang medis yang sudah dimiliki meliputi instalasi laboratorium, farmasi, gizi, radiologi dan CSSD. Kemudian instalasi binatu/laundri, sanitasi, pemeliharaan sarana medis dan pemulasaran jenazah. (N-2)

 

Baca Juga

MI/Yusuf Riaman

MXGP Beri Dampak Positif Bagi UMKM Sumbawa

👤Yusuf Riaman 🕔Minggu 26 Juni 2022, 22:54 WIB
AJANG MXGP di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) memberikan angin segar bagi...
 ANTARA/Indrianto Eko Suwarso

Kemenkes Perkuat Layanan Kesehatan Primer di Lombok Barat

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:45 WIB
Semuanya harus bergerak bersama-sama tanpa arahan, melainkan harus aktif dan proaktif melakukan berbagai program kesehatan yang bermanfaat...
DOK/IBIS BANDUNG TRANS STUDIO

Ibis Music, Cara Hotel Ibis Mendukung Kebangkitan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

👤Media Indonesia 🕔Minggu 26 Juni 2022, 21:15 WIB
Pertunjukan diselenggarakan Sabtu (25/6) di Ibis Bandung Trans...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya