Rabu 20 Oktober 2021, 17:24 WIB

Level PPKM Sumsel Naik Akibat Disiplin Prokes Di Masyarakat Menurun

Dwi Apriani | Nusantara
Level PPKM Sumsel Naik Akibat Disiplin Prokes Di Masyarakat Menurun

DOK MI
Gubernur Sumsel, Herman Deru

 

AKIBAT kesadaran protokol kesehatan (prokes) masyarakat di wilayah Sumatera Selatan (Sumsel) menurun, pemerintah mengambil kebijakan baru. Diantaranya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) kembali diperpanjang dari 19 Oktober sampai 8 November 2021.

Sumsel yang semula ada level satu kini tak ada lagi level satu melainkan ada level dua dan tiga. Bahkan sebelumnya hanya ada satu kabupaten level tiga, kini ada delapan Kabupaten di Sumsel yang level tiga.

Menurut Gubernur Sumsel Herman Deru, artinya dibutuhkan lagi kesadaran dari masyarakat. "Kalau tadinya ada level dua jadi level tiga berarti kesadaran masyarakatnya dituntut untuk lebih disiplin lagi," kata Herman Deru, Selasa (20/10).

Ia menjelaskan, dengan naiknya level PPKM di beberapa kabupaten/kotan tersebut artinya masyarakatnya sempat kendor disiplinnya.m "Untuk itu harus tetap dalam kondisi waspada dan tetap terapkan protokol kesehatan (Prokes) secara disiplin seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak," katanya singkat.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel Ferry Yanuar mengatakan di Sumsel kali ini untuk kabupaten/kotanya ada di level dua dan tiga. "Ada sembilan Kabupaten/Kota yang level dua dan delapan Kabupaten level tiga," katanya.

Berikut rincian level PPKM di Provinsi Sumsel, untuk level dua yaitu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Kabupaten Musi Rawas, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Kabupaten Empat Lawang, Kota Palembang, Kota Pagaralam, Kota Lubuklinggau dan Kota Prabumulih.

Level tiga yaitu Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Kabupaten Ogan Ilir (OI), Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (Pali) dan Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara). (OL-15)

Baca Juga

Ist

Baznas Bangun Pos Kesehatan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Desember 2021, 15:06 WIB
Baznas juga telah terlebih dahulu mengirimkan tim tanggap bencana dari Baznas Kabupaten Lumajang, yang menjadi titik terdekat...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Dampak Erupsi Semeru, 79 Gardu Listrik Masih Padam

👤 Insi Nantika Jelita 🕔Minggu 05 Desember 2021, 12:40 WIB
Ada 79 gardu listrik dengan 22.826 pelanggan yang terdampak padam pascaerupsi Gunung Semeru, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu...
MI/Djoko Sardjono

Dewan Kesenian Klaten Gelar Pentas Virtual Drama Komedi

👤Djoko Sardjono 🕔Minggu 05 Desember 2021, 12:15 WIB
Dewan Kesenian Klaten mengembangkan enam bidang seni yang terdiri dari 14 komite, antara lain komite seni pedalangan, ketoprak,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya