Selasa 05 Oktober 2021, 19:57 WIB

Landasan Bandara Samarinda Amblas, Pesawat Batik Air Batal Terbang

Insi Nantika Jelita | Nusantara
Landasan Bandara Samarinda Amblas, Pesawat Batik Air Batal Terbang

Antara
Ilustrasi pesawat Batik Air yang bersiap mengangkut penumpang.

 

MASKAPAI Batik Air membatalkan penerbangan pesawat udara jenis Airbus 320-200 registrasi PK-LAQ pada Selasa (5/10) ini di Bandara Internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur.

"Batik Air menerima konfirmasi, bahwa landas gelinding dimaksud harus dilakukan pengecekan, karena kondisi amblas," ungkap Corporate Communications Strategic Batik Air Danang Mandala dalam keterangan resmi, Selasa (5/10).

Adapun penerbangan pesawat ID-6257 dijadwalkan berangkat pukul 15.15 WITA. Lalu, diperkirakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta, pada pukul 16.20 WIB.

Baca juga: Lion Air Group Buka Rute Perdana di Bandara Purbalingga

Danang menjelaskan kronologi gagalnya penerbangan tersebut. Pesawat udara PK-LAQ mulai bergerak menuju runway (landas pacu) melalui taxiway (landas hubung). Ketika berada tepat (posisi sempurna sesuai jalur) di taxiway, pilot memutuskan untuk menunda keberangkatan.

"Ini dikarenakan struktur permukaan aspal pada landas hubung seperti tidak normal. Pilot berkomunikasi dengan petugas lalu lintas udara, serta petugas layanan darat (ground handling) untuk melakukan pengecekan," imbuhnya.

Baca juga: Bandara Ngurah Rai Buka Penerbangan Internasional, Wisman Wajib Karantina

Untuk mempermudah proses pergerakan posisi pesawat ke apron (landas parkir) dengan cara didorong, seluruh penumpang dan kargo diturunkan. Adapun penumpang berjumlah 103 orang dikembalikan ke ruang tunggu untuk mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

"Hingga kini, selama proses pengecekan dan perbaikan landas hubung, tidak ada penerbangan yang beroperasi untuk fase lepas landas dan mendarat," pungkas Danang.(OL-11)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

Bulog Gelontorkan Beras Fortivit Atasi Stunting di NTT

👤Palce Amalo 🕔Kamis 02 Desember 2021, 17:01 WIB
Bulog menggelontorkan ribuan beras fortivit kepada balita stunting di Desa Bokong, Kecamatan Taebenu, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis...
MI/Caksono.

Polresta Padang Tangkap Pelaku Pencabulan Anak di Bawah Umur

👤Yose Hendra 🕔Kamis 02 Desember 2021, 16:47 WIB
Kronologi kejadian pada Senin (29/11) sekitar pukul 12.00 WIB. Waktu itu korban lewat di depan rumah...
MI/Rendy Ferdiansyah.

Terbakar, Kapal Bermuatan Karet Rute Palembang-Pontianak

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Kamis 02 Desember 2021, 15:48 WIB
Saat itu, menurut Mikron, nakhoda kapal memerintahkan ABK menyiapkan rakit sebagai upaya penyelamatan pertama. Kemudian api...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya