Minggu 19 September 2021, 23:26 WIB

Sandiaga Resmikan AMphiteater di Desa Wisata Ranupani Lumajang

Mediaindonesia.com | Nusantara
Sandiaga Resmikan AMphiteater di Desa Wisata Ranupani Lumajang

Dok. Diskominfo Lumajang
Menparekraf Sandiaga Uno berikan penghargaan pada Bupati Lumajang

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan amphitheater untuk mendukung potensi wisata di Desa Ranupani di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Minggu.

Amphiteater adalah sebuah gelanggang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan hiburan dan pertunjukan seni. Desa Wisata Ranupani berada di Kecamatan Senduro masuk 50 desa wisata terbaik dalam Desa Wisata Indonesia Bangkit Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

"Amphitheater itu dibangun sebagai tempat pertunjukan seni dan budaya bagi masyarakat Tengger di Desa Wisata Ranupani, setelahnya terdapat pertunjukan jaran kepang yang menjadi salah satu atrkasi budaya di wilayah itu," kata Sandiaga di Lumajang.

Sementara Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan pembangunan amphitheater di Desa Ranupani sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu untuk mendukung sarana dan fasilitas kawasan wisata yang berada di kaki Gunung Semeru tersebut.

"Tempat itu akan digunakan sebagai panggung pertunjukan dan pagelaran seni yang nantinya diharapkan mampu mendukung kemajuan Desa Wisata Ranupani misalnya untuk kereasi seni," tuturnya.

Baca juga : Saat Kunker, Sandiaga Uno Dimintai Karpet Baru untuk Masjid

Bupati Lumajang yang akrab disapa Cak Thoriq itu mengucapkan terima kasih atas kunjungan Menparekraf ke Desa Wisata Ranupani karena pihaknya berharap kehadirannya membawa dampak postif terhadap kemajuan desa tersebut yang tentu akan berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat setempat.

Cak Thoriq juga menerima penghargaan kepada Desa Wisata Ranupani sebagai 50 Desa Wisata Terbaik, Desa Wisata Indonesia Bangkit Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang diberikan langsung Menparekraf Sandiaga Uno.

Saat melakukan visitasi di Ranupani, Sandiaga Uno juga mengunjungi stand atau booth pameran batik dan tenun, kemudian kulinernya yang beragam ada Keripik Kentang, Oseng-Oseng Tumewu, Sambel Tropong, Sambel Bawang Pre, Kripik Kentang, Nuget Semenan, Lumpia Semenan, Peyek semenan, Sambel Tropong, Selai Terong Tengger.

Menparekraf Sandiaga Uno beserta rombongan tiba di desa yang menjadi titik pendakian ke Gunung Semeru itu pada Minggu sekitar pukul 01.00 WIB setelah perjalanan dari Kabupaten Banyuwangi.

Setelah tiba di Kawasan Ranu Pani, Menparekraf Sandiaga langsung bermalam di salah satu homestay dari total 41 homestay yang berada di kawasan tersebut. (Ant/OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Risky Andrianto

Apindo Jawa Barat Ajak Asosiasi Bersinergi, bukan Berkompetisi

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 21:40 WIB
Surat Edaran Gubernur Jawa Barat dinilai bisa menjaga stabilitas iklim...
MI/AGUS MULYAWAN

Jelang HUT, NasDem Jawa Barat Gelar Serangkaian Aksi untuk Warga

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 21:20 WIB
Pihaknya juga membekali peserta dengan tips dan solusi dalam membantu persoalan...
MI/BAYU ANGGORO

Surveyor Indonesia Gandeng Masyarakat Ekonomi Syariah Percepat Sertifikasi Halal Gratis

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 17 Oktober 2021, 21:10 WIB
Kegiatan yang dilaksanakan secara virtual ini bertujuan untuk mempercepat implementasi program Sertifikasi Halal Gratis...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mengenal Skandal Menghebohkan Pandora Papers

Rahasia kekayaan para elite kaya yang berasal dari 200 negara dan wilayah di dunia terungkap melalui dokumen Pandora Papers

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya