Selasa 14 September 2021, 10:00 WIB

Herdiat Ancam PTM di Ciamis Dicabut bila Sekolah Langgar Prokes

Adi Kristiadi | Nusantara
Herdiat Ancam PTM di Ciamis Dicabut bila Sekolah Langgar Prokes

dok.humas pemkab Ciamis
Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya (no 2 dari kiri).

 

BUPATI Ciamis, Herdiat Sunarya mengancam akan mencabut izin pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah yang kedapatan melanggar aturan protokol kesehatan (prokes).

"Hasil pemantauan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas yang dimulai sejak 30 Agustus 2021 masih ditemukannya beberapa sekolah tingkat SD, SMP dan SMA yang tidak menerapkan protokol kesehatan dengan baik. Kami akan memberikan toleransi paling tidak hanya teguran lisan dan tertulis. Jika tetap melanggar aturan PTM akan cabut izinnya," kata Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, Selasa (14/9).

Herdiat mengatakan, kebijakan tersebut akan dilakukan sebagai langkah untuk menghindari kemungkinan terjadi gelombang ke 3 Covid-19. Untuk itu, semua kepala sekolah harus lebih ketat dalam menerapkan prokes di lingkungan pendidikannya.

"Selama pembelajaran tatap muka terbatas dilaksanakan, masyarakat di Ciamis jangan terlena dan euphoria. Beberapa kegiatan juga terlihat tidak memakai masker, menjaga jarak dan berkerumun. Kami, mengharapkan kepada para camat dan pimpinan OPD teknis jangan bosan bosan memberikan edukasi, sosialisasi di masyarakat dengan memberikan woro-woro (pengumuman) untuk mengingatkan supaya selalu menggunakan masker dan menjaga jarak," ujarnya.

Menurutnya, Dinas Pendidikan harus menginstruksikan setiap sekolah membentuk tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19. Ini sebagai upaya menegakkan prokes pada para pelajar hingga pencegahan di tingkat sekolah. Ingatkan untuk selalu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, hindari kerumunan dan membatasi mobilitas (5M). Karena, selama ini tidak mau daerahnya terjadi penyebaran virus meningkat setelah PTM.

"Kita harus senantiasa mengedukasi dalam wujud ajakan kepada pelajar. Guru harus mampu memberikan contoh agar menjadi teladan dalam menerapkan prokes. Selain itu agar sekolah melibatkan orang tua, komite sekolah dalam penanganan kedisiplinan pada pelajar. Pelibatan mereka agar pelajar disiplin melaksanakan prokes dari rumahnya," harap Herdiat. (OL-13)

Baca Juga: Kasus Covid-19 di DIY Tambah 83 dan Sembuh 325 Orang

 

Baca Juga

Dok Ujang

MUI Jabar Tolak Provokasi Dukung Taliban

👤Siswantini Suryandari 🕔Jumat 17 September 2021, 13:24 WIB
Sekretaris Majelis Ulama Indonesia Jabar, H Rafani Akhyar menyatakan pemasangan spanduk provokasi dukung Taliban tidak...
AFP/SONNY TUMBELAKA

Tarik Wisatawan di Bali dengan Pesawat Bekas

👤Febby Saraswati 🕔Jumat 17 September 2021, 12:10 WIB
Lebih dari belasan pekerja menggunakan derek untuk merakit bagian-bagian dari Boeing 737 di tebing dekat pantai Nyang Nyang, pekan...
MI/Dok IDI Papua

IDI Papua Serukan Perlindungan terhadap Tenaga Kesehatan Medis

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 17 September 2021, 10:18 WIB
"Kami juga berharap kejadian serupa tidak lagi berulang sehingga tenaga kesehatan dapat memberikan pelayanan dengan tenang tanpa ada...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya