Rabu 14 Juli 2021, 18:10 WIB

Putra Sulung Jokowi yang juga Wali Kota Solo Terpapar Covid-19

Widjajadi | Nusantara
Putra Sulung Jokowi yang juga Wali Kota Solo Terpapar Covid-19

MI/Widjajadi
Wali kota Gibran Rakabuming saat jumpa pera zoom meeting, Rabu (14/7)

 

WALI Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dinyatakan positif Covid-19 dari hasil tes PCR oleh Rumah Sakit Bung Karni, Senin (12/7). Sejak saat itu, putra sulung Presiden Jokowi ini mengisolasi mandiri.

Namun, karena berstatus orang tanpa gejala (OTG), Gibran mengaku masih tetap bekerja mengendalikan pemerintahan dan proses layanan publik dari jarak jauh.

"Sering mengunjungi tempat tempat rawan, saya rutin swab antigen. Tapi swab antigen kemarin negatif, saya kok tidak percaya, dan meminta teman teman RS BK untuk PCR saya, hasil positif," kata Gibran lewat jumpa pers via zoom dari Rundin Loji Gandrung, Rabu ( 14/7).

Meski terpapar positif, namun dia tidak merasakan gejala apa-apa (OTG). Lantaran itu, ia memutuskan untuk tetap bekerja sebagaimana biasa, mengkontrol dan berkoordinasi dengan para kepala dinas. Termasuk berkomunikasi dengan sejumlah menteri, seperti Menteri Luhut Panjaitan, Menkes (Budi Gunadi Sadikin) dan juga Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono.

"Perlu saya garis bawahi, selama isolasi, saya bekerja. Nota-nota dinas tetap saya jelankan. Rapat-rapat tetap berjalan. Jumat (lusa) rapat paripurna via zoom, mudah-mudahan ketua (dewan) mengizinkan. Tadi pagi (bahkan) rapat dengan Pak Luhut, Menkes dan Menteri PUPR," katanya.

Saat rapat jarak jauh dengan Menkes Budi Gunadi dan Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono justru mendapatkan informasi baik, tentang Asrama Haji Donohudan yang sudah beberapa waktu lalu menjadi tempat isolasi pasien covid, bakal diupgrade menjadi rumah sakit darurat penanganan covid-19.

"Ini tentunya kabar baik," ujar dia.

Untuk itu kembali Gibran menyatakan, agar para wartawan tidak perlu mengkhawatirkan dirinya. Sejak dinyatakan positif, dirinya memisahkan diri dengan anak dan isteri, agar tidak tertular.

Dia juga menegaskan kembali, dengan kondisi tanpa gejala dan merasa sehat, fungsi sebagai kepala daerah tetap berjalan sebagaimana biasa.

"Sudah saya tegaskan ke wawali dan sekda pelayanan jangan sampai putus. Saya masih kerja 24 jam untuk warga solo. Sekali lagi untuk bapak ibu mohon dukungan dan doa, agar saya selalu diberikan kesehatan," tandas putra sulung Presiden Jokowi itu.

Ia bahkan masih mewanti wanti kepada seluruh warga Kota Solo untuk tetap taatbdan disiplin melaksanakan prokes covid, dan bersedia melaksanakan PPKM Darurat dengan patuh, serta mengikuti program vaksinasi sebagai solusi terbaik untuk membentengi kesehatan diri dari covid-19. (OL-13)

Baca Juga: Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Positif Covid-19

 

 

Baca Juga

Dok. Hutama Karya

Kolaborasi Hutama Karya-BWA Renovasi Surau di Salah Satu Desa Terpencil di Sumbar 

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:28 WIB
Surau ini menjadi satu-satunya tempat sarana ibadah masyarakat dan tempat anak-anak untuk belajar mengaji dan menghafal...
DOK MI

Pemkab Cirebon Gencarkan Percepatan Vaksinasi Covid-19

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:24 WIB
CAPAIAN vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat baru mencapai 34 persen. Untuk menurunkan level PPKM, percepatan vaksinasi...
MI/Djoko Sardjono

Kodim Klaten Salurkan Bantuan BTPKLW

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 23:16 WIB
KODIM 0723 Klaten, Jawa Tengah, menyalurkan bantuan tunai pedagang kaki lima dan warung (BTPKLW). Penyerahan bantuan berlangsung di Aula...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Rakyat Kalimantan Selatan Menggugat Gubernur

Sebanyak 53 warga terdampak bencana banjir dari sejumlah kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan menggugat Gubernur Sahbirin Noor.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya