Selasa 22 Juni 2021, 22:58 WIB

Empat Kasus Kekerasan terhadap Pers Terjadi di Sumut Sebulan Terakhir

Yoseph Pencawan | Nusantara
Empat Kasus Kekerasan terhadap Pers Terjadi di Sumut Sebulan Terakhir

Medcom
Ilustrasi

 

ALIANSI Jurnalis Independen Kota Medan mencatat terjadi empat kasus kekerasan terhadap pers yang menonjol di Sumatra Utara dalam sebulan terakhir.

Koordinator Divisi Advokasi AJI Medan Eka Azwin mengungkapkan, kasus pembunuhan terhadap Mara Salem (Marsal) Harahap menambah panjang daftar kekerasan terhadap jurnalis di Sumut dalam sebulan terakhir.

"Dengan kasus pembunuhan Marsal (Mara Salem), berarti sudah ada empat kasus kekerasan terhadap pers yang menonjol dalam sebulan terakhir," sebutnya, Selasa (22/6).

Sebelum kasus pembunuhan Marsal, terang dia, pada 29 Mei 2021 rumah seorang jurnalis bernama Abdul Kohar Lubis di Kota Pematangsiantar diteror orang tak dikenal (OTK) dengan percobaan pembakaran rumah.

Baca Juga:  Polisi Uji Balistik Proyektil Peluru yang Menewaskan Wartawan di Simalungun

Kemudian pada 31 Mei 2021, mobil jurnalis Metro TV asal Kabupaten Serdangbedagai, Pujianto Sergai, yang terparkir di depan rumahnya dibakar OTK.

Selanjutnya pada 13 Juni 2021 rumah orangtua seorang jurnalis di Kota Binjai, Sofian, dibakar OTK. Sofian yang kerap memberitakan tentang maraknya perjudian di kota itu juga pernah diteror dengan bom molotov dan tembakan airsoft gun di rumahnya.

Terkait dengan ini, AJI Medan, kata Eka, meminta Polda Sumut, Polres Pematangsiantar, Polres Serdangbedagai, dan Polres Binjai untuk melanjutkan pengusutan kasus-kasus itu, sampai tuntas.

"Ketidakpastian hukum dalam kasus kekerasan terhadap jurnalis menjadi preseden buruk yang merugikan dunia pers karena tidak memberi efek jera bagi pelaku kejahatan," tegasnya.

Kondisi ini juga menurut dia menjadi penyebab semakin tingginya jumlah dan kualitas kekerasan terhadap jurnalis di Sumatera Utara.

Pada Sabtu (19/6) dinihari, Mara Salem (Marsal) Harahap, Pemred salah satu media massa online di Sumut, ditemukan bersimbah darah di dalam mobil yang dikendarainya. Ia ditemukan tidak jauh dari rumahnya di Huta VII, Nagori Karang Anyar, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun

AJI Kota Medan menduga penembakan yang dialami Mara Salem Harahap terkait dengan pemberitaan yang ditulis media massa besutannya. (YP/OL-10)

Baca Juga

ANTARA/Fikri Yusuf

Jumlah Warga yang Telah Dapat Vaksin Covid-19 Dosis Kedua di Bali Hampir 1 Juta

👤Arnoldus Dhae 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:59 WIB
Gubernur Bali I Wayan Koster sesungguhnya membulatkan target penduduk di Bali yang akan divaksin sebanyak 3 juta orang dari total penduduk...
MI/Djoko Sardjono

Ratusan Pasien Covid-19 Klaten Dievakuasi ke Asrama Haji Donohudan

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 02 Agustus 2021, 08:02 WIB
Evakuasi warga berstatus orang tanpa gejala (OTG) atau bergejala ringan ke Asrama Haji Donohudan itu merupakan pelaksanaan manajemen...
MI/Gabriel Langga

Pandemi Buat Minat Kursus Menjahit Kalangan Muda di Sikka Meningkat

👤Gabriel Langga 🕔Senin 02 Agustus 2021, 07:28 WIB
"Sejak pandemi ini, banyak sekali yang datang mengikuti kursus menjahit di lembaga saya yang datang dari kalangan muda yang berasal...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pembangunan Berkelanjutan demi Keselamatan Bersama

 Sektor keuangan memiliki peran besar dalam mengarahkan perubahan menuju penerapan green economy

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya