Kamis 17 Juni 2021, 20:04 WIB

Ganjar : Posko PPKM Mikro dan Jogo Tonggo Kudus akan Jadi Pilot Project

mediaindonesia.com | Nusantara
Ganjar : Posko PPKM Mikro dan Jogo Tonggo Kudus akan Jadi Pilot Project

Ist
Menkes Budi G Sadikin (kiri) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat kunjungan ke Kecamatan Bae, Kudus, Jateng, Kamis (17/6).

 

POSKO PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Mikro dan Jogo Tonggo di Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus menarik perhatian Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Listyo Sigit. Bahkan, sistemnya akan jadi percontohan atau pilot project di Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, usai mendampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jendral Listyo Sigit, Menkes Budi G Sadikin, Kepala BNPB Ganip Warsito di Kudus, Kamis (16/6). Ganjar telrbih dulu membahas maksud kunjungan mereka.

“(Kunjungan) ada yang bagus karena (percepatan) vaksinasi dan ini dilakukan oleh perusahaan. Tentu ini sangat membantu sehingga situasi di Kudus ini cepat terkendali karena swastanya terlibat,” kata Ganjar.

Namun yang menarik, kata Ganjar, adalah ketika rombongan Panglima TNI dan Kapolri membelokkan arah tujuan. Mereka mendadak ingin melihat posko PPKM Mikro. Rombongan pun mampir dan menengok Posko PPKM Mikro dan Jogo Tonggo di Kecamatan Bae.

“Rupanya pak Panglima cukup terpana melihat kerja teman teman yang di bawah. Ditulis rapi kejadiannya satu persatu, tercatat dengan baik dan ini sudah mirip operasi militer,” kata Ganjar.

Dari pengecekan itu, lanjut Ganjar, Panglima TNI dan Kapolri berencana menjadikan sistem PPKM Mikro dan Jogo Tonggo Kudus sebagai percontohan di Bangkalan, Madura.

“Ini rencananya besok mau dibawa bagaimana cara menangani, bagaimana cara mencatat, seandainya ada situasi darurat apa yang mesti dilakukan, sistem ini akan di share ke Bangkalan, makanya besok pak Panglima akan ke sana,” ujar Ganjar.

Hal ini, menurut Ganjar, adalah komitmen dari seluruh pihak yang telah ‘mengeroyok’ bersama ledakan kasus Covid-19  yang terjadi di Kudus beberapa pekan terakhir.

“Saya kira bagus, berbagi pengalaman baik antar daerah, karena kita juga belajar dari tempat lain di Indonesia sehingga kita bisa mencoba merespon dengan cepat,” ujarnya.

Di sisi lain, Ganjar menyebut kondisi kasus Covid-19 di Kudus juga berangsur menurun. Itu semua tak lepas dari dukungan segala pihak.

“Rasa-rasanya tiap hari mulai turun. mulai bisa tertangani meskipun masih di level yang tinggi,” tandasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Legislator : Puncak Jaya Harus Masuk DOB Papua Pegunungan Tengah, Bukan Papua Tengah

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:52 WIB
Agus menegaskan keputusan tersebut tidak tepat karena secara rentang kendali dan kemudahan akses, Kabupaten Puncak Jaya lebih tepat masuk...
ANTARA

1.400 Sapi Di Kuningan Telah Divaksin PMK

👤Nurul Hidayah 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:05 WIB
RIBUAN sapi di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat sudah mendapatkan vaksinasi untuk pencegahan penyakit mulut dan kaki...
DOK MI.

Polres Halmahera Tengah Ringkus Pembunuh Warga Tiongkok

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 22:01 WIB
Setelah ditangkap tim gabungan, selanjutnya IS dititipkan ke Rutan Polres Halsel untuk dibawa ke Rutan Polres...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya