Selasa 15 Juni 2021, 23:40 WIB

Gempa Bumi Bermagnitudo 5,2 Mengguncang Bengkulu

Mediaindonesia.com | Nusantara
Gempa Bumi Bermagnitudo 5,2 Mengguncang Bengkulu

Dok MI
Ilustrasi gempa bumi.

 

Gempa bumi dengan magnitudo 5,2 mengguncang 36 kilometer Barat Daya Seluma, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, Selasa (15/6) malam sekitar pukul 21.16 WIB dengan kedalaman 26 kilometer.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memastikan gempa yang berpusat di laut tersebut tidak berpotensi tsunami, namun tetap meminta masyarakat Bengkulu mewaspadai adanya gempa susulan.

"Getaran gempa bumi ini dirasakan bervariasi oleh masyarakat di Bengkulu. Kami mengimbau  masyarakat berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin saja terjadi," kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, BMKG Bengkulu Litman.

Litman menjelaskan titik episenter gempa bumi tersebut persisnya terjadi di koordinat 4.33 Lintang Selatan, 102.37 Bujur Timur atau 36 kilometer Barat Daya Seluma.

Getaran gempa dirasakan cukup kuat dengan skala MMI III-IV di Kabupaten Seluma dan dirasakan di beberapa daerah lainnya di Provinsi Bengkulu seperti di Curup, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Kota Bengkulu, Kaur hingga Liwa dengan skala MMI II-III.

Menurutnya, gempa bumi yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault dan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," papar Litman.

Hingga saat ini belum ada laporan kerusakan baik rumah masyarakat maupun fasilitas publik yang terdampak akibat gempa bumi tersebut. (Ant/OL-12)

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Karawang International Industrial City Kembangkan Program CSR untuk Masyarakat

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 13:23 WIB
Penyerahan hewan kurban didistribusikan ke sejumlah desa yaitu Margamulya, Margakaya, Wadas, Sukaluyu, Sirnabaya, Puseurjaya, dan...
MI/Apul Iskandar

Tebing Tinggi Raih Penghargaan Kota Layak Anak Kategori Madya 

👤Apul Iskandar 🕔Jumat 30 Juli 2021, 12:12 WIB
Wali Kota Tebing Tinggi  Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan ucapan terimakasih atas capaian yang diraih dengan tetap bersinergi dan...
Antara

Kalsel Percepat Penyaluran Bantuan Beras PPKM

👤Denny Susanto A 🕔Jumat 30 Juli 2021, 11:50 WIB
PENJABAT Gubernur Kalimantan Selatan, Safrizal ZA meminta kepada Perum Bulog dan PT Pos Indonesia untuk mempercepat penyaluran bantuan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya