Selasa 15 Juni 2021, 20:40 WIB

Pelindo 1 Pastikan Tak Ada Kutipan Liar

Yoseph Pencawan | Nusantara
Pelindo 1 Pastikan Tak Ada Kutipan Liar

Humas Pelindo 1
Aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Belawan, Sumatera Utara.

 

PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)/Pelindo 1 memastikan selalu berkomitmen menyediakan layanan kepelabuhanan yang profesional, bersih dan transparan. Pelindo 1 dengan tegas menolak segala bentuk suap, pungli, dan bentuk gratifikasi lain dari seluruh stakeholder maupun pengguna layanan kepelabuhanan.

Hal itu ditegaskan Direktur Operasi dan Komersial Pelindo 1 Ridwan Sani Siregar, Selasa (15/6). Dia menerangkan, untuk menjaga operasional pelabuhan agar tetap bersih dari kegiatan pungli dan premanisme, seluruh pekerja diharuskan menjunjung tinggi penerapan good corporate governance/GCG) dan corporate value AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif).

Pelindo 1 juga selalu melakukan monitoring dan pengawasan ketat GCG dan AKHLAK dalam setiap kegiatan operasional kepelabuhanan di seluruh cabang. Selain itu Pelindo 1 juga menerapkan digitalisasi layanan dan sistem informasi kepelabuhanan terpadu nontunai dan transparan serta menjalankan aktivitas pengamanan area pelabuhan yang mengacu pada standar ISPS Code.

"Sosialisasi secara intens dilakukan dalam bentuk briefing sebelum bekerja serta pemasangan spanduk dan banner di dermaga," tambah VP Public Relations Pelindo 1 Fiona Sari Utami.

Penerapan digitalisasi layanan dan  penggunaan sistem informasi kepelabuhanan juga terus dikembangkan untuk semakin meningkatkan efektifitas layanan. Seperti halnya di TPK Belawan  sudah sepenuhnya menerapkan system Integrated Billing System (IBS).

Dengan penerapan sistem nontunai, tidak ada lagi pemberian atau penggunaan uang secara tunai. Ini sebagai langkah  dalam meminimalisir pungli oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Didik Suhartono/

Pelaku Usaha Tidak Setuju Syarat Sertifikat Vaksin untuk Masuk Mal

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:35 WIB
Di pusat perbelanjaan itu sangat ketat penerapan protokol kesehatan dibandingkan dengan pasar tradisional dan pusat kerumunan yang...
MI/BAYU ANGGORO

Organisasi Masyarakat Soroti Capaian Vaksinasi di Jawa Barat

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:20 WIB
Sejumlah persoalan masih jadi kendala vaksinasi di Jawa Barat, sehingga mengakibatkan capaian vaksinasi masih...
MI/BAYU ANGGORO

PDIP Jawa Barat Gulirkan Bantuan Sosial

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 30 Juli 2021, 23:05 WIB
Bantuan senilai total Rp12 miliar ini dikhususkan bagi warga yang menjalani isolasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya