Senin 17 Mei 2021, 12:05 WIB

Penutupan Obyek Wisata Danau Tambing Diperpanjang

mediaindonesia.com | Nusantara
Penutupan Obyek Wisata Danau Tambing Diperpanjang

Antara
Sejumlah warga bersantai di pinggir Danau Tambing, Desa Sedoa, Lore Utara, Poso, Sulawesi Tengah.

 

TAMAN Nasional Lore Lindu (TNLL) menyatakan memperpanjang masa penutupan obyek wisata Danau Tambing yang terletak di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, menyusul peristiwa pembantaian terhadap empat warga Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur diduga kuat dilakukan anggota kelompok teroris Mujahiddin Indonesia Timur (MIT) Poso.

Kepala Balai Besar TNLL, Jusman di Palu, Senin mengatakan sejak peristiwa yang terjadi di Desa Lembantongoa, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi pada November 2020 yang juga menewaskan empat warga Desa Lebantongoa yang dilakukan kelompok teroris MIT pimpinan Ali Kalora,pihaknya langsung menutup sementara kunjungan wisatawan ke obyek wisata Danau Tambing.

Selain itu juga untuk memutuskan mata rantai penyebaran virus corana yang hingga kini belum berakhir.

Semula, kata dia, obyek wisata Danau Tambing rencana dibuka kembali setelah usai Lebaran dengan tetap mematuihi protokol kesehatan COVID-19, tetapi dibatalkan menyusul kejadian pembantaian empat weaga Desa Kalimago, Kecamatan Lore Timur, Kabupaten Poso beberapa waktu lalu.

Apalagi, kata Jusman, lokasi obyek wisata Danau Tambing berada di wilayah Napu dan masuk dalam daerah operasi perburuan teroris oleh aparat gabungamn TNI/Polri.

Jusman juga mengatakan telah menginstruksikan kepada semua petugas Balai Besar TNLL yang ada di lokasi obyek wisata tersebut untuk tetap waspada terhadap ancaman teroris MIT Poso.

"Saya sudah mengistruksikan anggota kita yang ada di lapangan untuk meningkatkan kewaspadaan dalam melaksanakan tugas tetap lebih mengedepankan kesehatan dan keselamatan jiwa," kata dia.

Danau Tambing merupakan obyek wisata yang selama ini banyak diminati wisatawean, termasuk wisatawan mancanegera. Lokasinya berada di atas ketinggian sekitar 1.700 meter dari permukaan laut dengan suhu udara sangat dingin.

Dari Kota Palu bisa dijangkau dengan kendaraan selama tiga jam melintasi jalan beraspal poros Palu-Napu. (Ant/OL-13)

Baca Juga: Lebaran Usai Harga Daging di Temanggung tak Mau Turun

Baca Juga

Ilustrasi

DIY Siapkan Rp22,6 miliar untuk 392 Kelurahan

👤Ardi T 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 21:00 WIB
Pemerintah Daerah Istimewa Yohyakarta (DIY) siapkan Dana Keistimewaan atau Danais Rp 22.6 miliar yang akan dialokasikan untuk 392 kelurahan...
MI/Ruta Suryana

Gratis, 1000 Nasi Bungkus per Hari di Kota Denpasar

👤Arnoldus Dhae 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 20:38 WIB
"Karena ada PPKM level 4 dan kasyarakat sangat membutuhkan bantuan maka kami aktifkan lagi dapur umum ini," kata Wali Kota, Jaya...
ANTARA

Rumah Sehat di Surabaya Dimanfaatkan buat Isoman

👤Faishol Taselan 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 14:52 WIB
saat ini setidaknya ada 6 rumah sehat yang sudah mulai dimanfaatkan oleh warga. Salah satunya berada di SDN Tambaksari III dan SMPN 29...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya