Senin 10 Mei 2021, 11:01 WIB

Pemprov Babel Gelontorkan 4 Ton Daging Sapi Beku di Operasi Pasar

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Pemprov Babel Gelontorkan 4 Ton Daging Sapi Beku di Operasi Pasar

MI/Rendy Ferdiansyah
Operasi pasar daging sapi di Babel.

 

DEMI menstabilkan harga daging sapi, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel), melalui Bulog Subdivre Bangka, melaksanakan Operasi Pasar Daging Beku di sejumlah titik.

Gubernur Provinsi Babel Erzaldi Rosman Djohan mengatakan, belum lama ini, ia sudah mengeluarkan surat edaran terkait HET daging sapi dan daging ayam untuk Pulau Bangka dan Belitung.

"HET daging sapi sudah ada, Bangka Rp135 ribu dan Pulau Belitung Rp140 ribu," kata Erzaldi usai memantau ke pasar pagi Pangkalpinang, Senin (10/5).

Baca juga: KJTV Malut Bagikan Mushaf Al-Quran Hingga Paket Sembako di Haltim

Kendati daging sapi dan ayam sudah ada HET-nya, perlu ada intervensi dari pemerintah, khususnya dengan operasi pasar agar harga dapat stabil.

"Tadi, saya bertanya dengan pedagang daging sapi. Ada pedagang jual Rp130 ribu per kilo, ini justru sudah di bawah HET. Namun, ada juga pedagang yang jual di atas HET yakni Rp140 ribu per kilo," ujarnya.

Ia mengajak masyarakat cerdas. Jika ada pedagang daging sapi yang menjual di atas HET agar tidak dibeli, cari pedagang lain. Dengan begitu, kalau dagangannya sepi, secara otomatis pedagang itu akan menyesuaikan dengan HET.

"Kita terus memberikan imbauan kepada masyarakat untuk berjualan daging HET itu, begitu juga dengan daging ayam,"pinta dia.

Untuk menstabilkan harga daging sapi ini, pihak Bulog, menurut Erzaldi, melaksanakan operasi pasar di sejumlah Kabupaten/kota.

"Rata-rata setiap kabupaten/kota itu, 500 kilo daging beku, kecuali Muntok, Bangka Barat 1 ton. Harga daging beku ini hanya Rp80 ribu, jauh di bawah harga daging saat ini," imbuh dia.

Erzaldi memastikan stok bahan pokok, termasuk daging sapi, menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun ini mencukupi. Karenanya, masyarakat tidak perlu kuatir. Begitu pula dengan stok beras yang ada, baik distributor maupun Bulog.

Sementara itu, Kapolda Babel Irjen Anang Syarif Hidayat meminta seluruh pedagang daging ayam dan daging sapi mengikuit HET yang sudah ditentukan. Jika tidak, ia akan meminta Satgas pangan mengambil tindakan.

"Pak Gubernur kan sudah mengeluarkan HET-nya tolonglah dipatuhi, jangan menjual di atas HET, kasihan masyarakat," kata Kapolda. (OL-1)

Baca Juga

Ist

Ganjar Ingatkan Bahaya Penularan Covid-19 kepada Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 20 Juni 2021, 13:29 WIB
Gubernur Ganjar Pranowo berpesan kepada seluruh elemen masyarakat untuk saling menjaga diri dengan menerapkan protokol kesehatan agar tak...
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Covid-19 Naik, Bima Arya Tindak Kafe dan Restoran Langgar Prokes

👤Dede Susianti 🕔Minggu 20 Juni 2021, 13:07 WIB
Wali Kota Bima Arya kembali menutup sejumlah kafe dan resto yang jumlah penumpangnya melebihi kapasitas dan jam operasi melebihi batas...
MI/Tosiani

Hampir 12 Ribu Guru di Temanggung Sudah Divaksin Covid-19

👤Tosiani 🕔Minggu 20 Juni 2021, 10:45 WIB
Jumlah itu telah mencapai lebih dari 80% target vaksinasi untuk kalangan pendidik sebagai persiapan rencana pembelajaran tatap...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Perlindungan Ganda terhadap Virus Korona dan Flu

DALAM perlombaan vaksin, perusahaan AS Novavax terlambat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya