Rabu 31 Maret 2021, 21:00 WIB

Pegawai Positif Covid-19 Dua Puskesmas di Kulon Progo Ditutup

Mediaindonesia.com | Nusantara
Pegawai Positif Covid-19 Dua Puskesmas di Kulon Progo Ditutup

Antara
Ilustrasi

 

Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menutup sementara secara total dua puskesmas, yakni Puskesmas Lendah I dan Sentolo II karena pegawainya terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kulon Progo Baning Rahayujati di Kulon Progo, Rabu (31/3) mengatakan Puskesmas Lendah I ditutup selama tiga hari, dari Selasa (30/3) sampai Jumat (2/4) karena di tempat itu ada 21 pegawainya dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. "Kami masih melakukan sterilisasi dan melakukan pemeriksaan terhadap tenaga kesehatan," katanya.

Ia mengatakan saat ini sampai Sabtu (3/4), dinas kesehatan juga menutup Puskesmas Sentolo II, di mana terdapat lima pegawai terkonfirmasi positif Covid-19, dan 16 pegawai lainnya menunggu hasil pemeriksaan swab.

"Terpaksa kami menutup sementara dua puskesmas tersebut, karena jumlah petugas inti, yakni poli umum, poli ibu dan anak, dan administrasi terlibat. Sehingga kami menutup sementara puskesmas dan menunda beberapa kegiatan, seperti vaksinasi massal yang dijawalkan di dua puskesmas itu," katanya.

Baning mengatakan pegawai dua puskesmas yang ditutup merupakan orang tanpa gejala, kalaupun ada gejala hanya ringan. Bahkan di Puskesmas Lendah I dari 21 terkonfirmasi Covid-19, tiga diantaranya reinfeksi atau pernah dinyatakan positif dan dinyatakan negatif. "Semua petugas kesehatan yang terkonfirmasi ini sudah mendapat vaksin," katanya.

Adapun kronologis munculnya terkonfirmasi Covid-19 di Puskesmas Lendah I ada beberapa jalur penularan. Pertama bersumber dari keluarga datang ke puskesmas dan menularkan, dan jalur lainnya dari rekan kerja dari lain layanan di bawah kepuskesmas. Dari situ perkembangan sangat cepat, dan dinkes melakukan screaning secara cepat untuk mencegah penyebaran. "Petugas kesehatan yang terkonfirmasi Covid-19 melakukan isolasi mandiri, tapi ada empat yang melakukan isolasi di selter," katanya.  (Ant/OL-12)

 

Baca Juga

MI/Adi-HO

GMP Gelar Festival Bangkitkan Pariwisata di Pangandaran

👤Adi Kristiadi 🕔Senin 03 Oktober 2022, 09:35 WIB
RELAWAN Ganjar Muda Padjajaran (GMP) menggelar festival bertema 'Pariwisata Pulih, Indonesia Bangkit' di Lapangan Tol Grand...
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

SKI: Usut Pemicu Terjadinya Korban Jiwa dalam Tragedi Kanjuruhan

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 09:18 WIB
SKI mendorong agar pemerintah melakukan pengusutan yang transparan dan tuntas mengenai penyebab terjadinya korban jiwa yang besar dalam...
MI/HO

Saga Esports Gelar Turnamen PUBGM di Kabupaten Belitung

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 09:03 WIB
Turnamen PUBG Mobile Saga Esports sudah memasuki minggu ke-18. Hal itu membuktikan bahwa Sahabat Ganjar konsisten memberikan wadah kepada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya