Sabtu 27 Februari 2021, 15:45 WIB

Komunitas Bakul Pasar Gede Solo Antusias Sambut Vaksinasi Covid

Widjajadi | Nusantara
Komunitas Bakul Pasar Gede Solo Antusias Sambut Vaksinasi Covid

ANTARA/Maulana Surya
Petugas mengumumkan aturan pelaksanaan vaksin COVID-19 untuk pedagang saat vaksinasi di Pasar Klewer, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (27/2/2021).

 

Komunitas Paguyuban Pasar Gede (Komppag) menyambut antusias pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang ditinjau langsung oleh Walikota Gibran Rakabuming Raka bersama Wawali Teguh Prakosa, Sabtu ( 27/2). Mereka pun membentangkan baliho besar bertulisan uwal saka pageblug, siran sakehing memala, yang mengandung arti melepas dari wabah, hilang dari semua keburukan.

Dengan tetap patuh protokol kesehatan (prokes) covid-19, para bakul atau pedagang, tidak berkerumun, menyambut senang kedatangan dua pemimpin Kota Solo Gibran-Teguh, yang baru dilantik Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Kamis (26/2).

Baca juga: Lansia di Kota Yogyakarta Mulai Terima Vaksin

Proses pelaksanaan vaksinasi pun berjalan lancar. Selama Gibran-Teguh menunggui setengah jam, 25 bakul sudah disuntik vaksin Sinovac. 
"Mulai pukul 08.30, teman teman pedagang sudah dipanggil dan menjalani penyuntikan vaksin. Semua kondisi sehat, tidak ada yang ditolak atau batal vaksin," ungkap petugas vaksinasi.

Walikota Gibran terlihat santai berbincang dengan para pedagang yang sedang mengantre vaksin. Ada yang mengaku agak takut, tapi setelah disemangati, mereka bersedia disuntik.

Seperti yang dituturkan Ninuk (58) seorang pedangan buah yang sempat takut disuntik vaksin. Tapi usai divaksin, senymnya membuncah. "Ternyata tidak sakit," kata Ninuk yang sudah punya cucu itu.

Selama proses vaksinasi berjalan, Gibran itu berkeliling pasar, bahkan naik ke lantai 2 Pasar Gede, yang juga dipergunakan untuk pelaksanaan pemberian vaksin.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan  dr. Siti Wahyuningsih  yang turut dalam peninjauan, mengatakan, begitu para bakul usai divaksin, maka segera mendapatkan sertifikat vaksin.  Pada fase penyuntikan kedua yang digelar  14 hari kemudian, para pedagang sudah mampu membentengi diri dari virus korona. 

"Mudah mudahan semua lancar, dan para pedagang menjadi lebih sehat dan bwesemangat mengais rezeki," kata dia.

Wawali Teguh Prakosa yang mendampingi Walikota Gibran menimpali, dengan percepatan vaksinasi, diharapkan warga Solo menjadi cepat sehat, sehingga pemulihan ekonomi juga bisa berlangsung lebih cepat. (H-3)

Baca Juga

DOK MI

Cianjur Tetap Laksanakan Vaksin saat Ramadan

👤Benny Bastiandy 🕔Selasa 13 April 2021, 17:56 WIB
Pemkab Cianjur melalui Dinas Kesehatan setempat tetap akan melaksanakan...
Antara

Pondok Pesantren di Jawa Timur Terpapar Narkoba

👤Faishol Taselan 🕔Selasa 13 April 2021, 17:55 WIB
KEPOLISIAN Daerah Jawa Timur menemukan sejumlah kasus peredaran narkoba di dalam lingkungan pondok pesantren (ponpes) di Jawa...
DOK MI

Warga Abaikan Prokes, Kasus Positif Covid-19 di Klaten Tinggi

👤Djoko Sardjono 🕔Selasa 13 April 2021, 17:51 WIB
WALAU telah menerapkan aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Klaten,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya