Jumat 26 Februari 2021, 08:54 WIB

Kasus Covid-19 di Bali Turun, Pemerintah Dorong Pariwisata

M. Iqbal Al Machmudi | Nusantara
Kasus Covid-19 di Bali Turun, Pemerintah Dorong Pariwisata

Antara/Fikri Yusuf
Peserta fun paddle di kawasan Pantai Kelan, Badung, Bali.

 

JUMLAH kasus covid-19 di Bali mengalami penurunan. Kondisi itu memungkinkan pergerakan kegiatan ekonomi di Pulau Dewata, termasuk sektor pariwisata.

“Kasus (covid-19) di Bali dalam beberapa minggu terakhir menunjukkan penurunan. Karena diberlakukannya kebijakan pendekatan terukur. Dengan memperhitungkan dua faktor krusial, yaitu memungkinkan kegiatan ekonomi dilanjutkan dan menegakkan protokol kesehatan di seluruh Bali,” ujar Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitans, Jumat (26/2).

Mengenai perekonomian tersebut, Luhut menyebut tidak menutup kemungkinan jika nantinya pariwisata di Bali akan dibuka kembali. Namun, perlu diadakan sosialisasi terkait regulasi tata cara pariwisata di Bali, terutama untuk wisatawan asing.

Baca juga: Sandiaga Ingin 34 Juta Pelaku Sektor Parekraf Segera Divaksin

“Regulasi baru yang diterapkan di Bali, yakni Penalty for Health Protocol. Dengan tahapan awal sosialisasi dan publikasi mengenai praktik protokol kesehatan, pelanggaran protokol kesehatan, peringatan pertama dengan diberlakukannya Penalti Administratif, hingga terakhir deportasi,” jelas Luhut.

Dalam pemulihan ekonomi Bali, pemerintah memulai program nasional tentang vaksinasi covid-19. Diketahui, sekitar 13.000 pekerja rumah sakit di Bali segera menerima suntikan vaksin. Hal ini diharapkan menimbulkan kepercayaan di tengah wisatawan.

Baca juga: Bali Buka Pendaftaran Vaksinasi bagi Pekerja Pariwisata

“Pemerintah terus meningkatkan fasilitas terkait covid-19 di seluruh Bali. Termasuk dalam persiapan KTT G-20 mendatang. Pemerintah juga mengundang kedutaan besar asing untuk melakukan kunjungan lapangan ke Bali. Untuk menyaksikan secara langsung langkah pengendalian covid-19,” imbuhnya.

“Pemerintah meminta kedutaan besar di Jakarta dan konsultan di Bali atau Surabaya untuk menginformasikan warga negara mereka yang tinggal di Bali. Untuk menghormati hukum setempat," tutup Luhut.(OL-11)

Baca Juga

DOK MI

Kasus Positif dan Sembuh Covid-19 di DIY Hampir Sama

👤Agus Utantoro 🕔Rabu 14 April 2021, 07:51 WIB
Penambahan kasus posiif covid-19 di Daerah Istmewa Yogyakarta sebanyak 232 kasus setara dengan jumlah kasus...
MI/Alexander P Taum

Mentan Gandeng Keuskupan Larantuka Bantu Korban Banjir NTT

👤Alexander P Taum 🕔Rabu 14 April 2021, 07:38 WIB
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi para korban banjir bandang di NTT melalui Keuskupan...
MI/Djoko Sardjono

PPKM Mikro di Klaten, Kasus Covid-19 Tidak Turun

👤Djoko Sardjono 🕔Rabu 14 April 2021, 06:57 WIB
Saat ini, Klaten zona oranye penyebaran covid-19. Meski sudah dijalankan PPKM Mikro, kasus covid-19 terus...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya