Senin 01 Februari 2021, 07:05 WIB

Momen Pamitan, Irianto Kenang Membangun Kaltara dari Nol

mediaindonesia.com | Nusantara
Momen Pamitan, Irianto Kenang Membangun Kaltara dari Nol

DOK PEMPROV KALTARA

 

TIDAK lama lagi masa jabatan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie dan Wakil Gubernur H Udin Hianggio akan berakhir. Berbagai capaian telah diraih selama kepemimpinan H Irianto Lambrie. Mulai dari menjabat sebagai penjabat gubernur maupun saat menjadi gubernur definif bersama H Udin Hianggio.

Pembangunan infrastruktur dasar menjadi prioritas yang digenjot selama 8 tahun kepemimpinannya. Mulai dari jalan, jembatan, gedung perkantoran, hingga fasilitas publik lainnya.

Tak hanya mengandalkan APBD yang nilainya kecil, atas usaha keras melakukan lobi-lobi ke pemerintah pusat, banyak infrastruktur yang dibangun dengan anggaran Pusat, melalui APBN.

Selain infrastruktur dasar, atas gagasan Irianto juga ada meletakkan pondasi beberapa mega proyek yang telah menjadi prioritas nasional. Di antaranta fokus pada Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), juga pembangunan Kota Baru Mandiri (KBM) Tanjung Selor.

Di akhir masa jabatannya, pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas. Untuk jalan dan jembatan misalnya. Melalui bidang Bina Marga pada Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPR-Perkim) Provinsi Kaltara tahun ini mendapatkan pagu anggaran sebesar Rp125 milar.

Kegiatan pembangunan jalan yang akan direalisasikan, di antaranya ruas jalan di perbatasan (Long Bawan-Lembudud) kemudian jalan-jalan di Bulungan, Tarakan dan kabupaten lainnya.

Sebelumnya, melalui anggaran 2020, total ada 19 proyek jalan yang dikerjakan oleh Bina Marga DPUPR-Perkim Kaltara. Di mana, 4 di antaranya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Sementara sisanya,15 paket bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kaltara.

Diawali dari O
H Irianto Lambrie mengawali roda pemerintahan Pemprov Kaltara yang berangkat dari kondisi tersulit. Dimulai dari 0. Demikian sering disampaikan Gubernur.

"Saya datang ke Tanjung Selor berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI yang diteken saat itu Pak SBY dengan berita acara pelantikan saya sebagai Pj (Penjabat) Gubenur Kaltara," ujarnya.

Irianto Lambrie dilantik 22 April 2013 oleh Mendagri Gamawan Fauzi, di Kemendagri bersamaan 37 Pj Bupati/Wali Kota daerah otonomi baru di Indonesia. Dari itu, Irianto memulai memimpin Kaltara dengan tanpa ada kantor, tidak punya staf, tidak punya anggaran.

"Itulah cerita Kaltara, betul-betul dari nol. Lalu kita bekerja, belum ada gaji belum ada uang. Gajinya masih dibayar instansi asal. Belum ada meja," kenangnya.

Hampir kurang lebih 8 tahun memimpin Kaltara sejak Pj Gubernur dan menjabat gubernur definitif, Irianto menaruh apresiasi kepada seluruh jajaran Pemprov.

Selama kepemimpinannya, sudah banyak capaian yang telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Tak hanya itu, berbagai prestasi juga telah diraih Pemprov Kaltara.

"Saya mengucapkan penghargaan yang tulus saya dan Pak Udin serta kami sekeluarga atas dukungan saudara telah membantu kami meletakkan pondasi Kaltara yang sangat kuat. Saya kira, Kaltara sudah seperti mobil. Tinggal jalan aja," tutur Irianto. (*/OL-10)

Baca Juga

MI/Dwi Apriani

Perkara Gowes Wali Kota Malang Diserahkan Ke Polisi

👤Bagus Suryo 🕔Senin 20 September 2021, 18:25 WIB
FORUM Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Satuan Tugas Covid-19 Kabupaten Malang, Jawa Timur, menyerahkan perkara gowes Wali Kota...
Antara/Raisan Alfarisi.

Flyover Patih Galung Prabumulih Ditarget Selesai November 2022

👤Dwi Apriani 🕔Senin 20 September 2021, 18:19 WIB
KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sudah memulai pembangunan jalan layang (flyover) di Kelurahan Patih Galung, Prabumulih,...
ANTARA

Hujan Deras Sebabkan Ambruknya Bangunan Di Cianjur

👤Benny Bastiandy/Budi Kansil 🕔Senin 20 September 2021, 18:14 WIB
BANGUNAN tembok atau benteng di Kampung Cigedogang Tengah RT 05/01, Desa Mekarmulya, Kecamatan Cikalongkulon, Kabupaten Cianjur, Jawa...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bendungan Rakyat

\PEMERINTAH berkomitmen meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Tanah Air.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya