Rabu 01 Juni 2022, 22:55 WIB

Pekan Pemuda 1 Resmi di Buka Awal Kebangkitan Kaltara

mediaindonesia.com | Nusantara
Pekan Pemuda 1 Resmi di Buka Awal Kebangkitan Kaltara

dok.ist
Pekan Pemuda 1 Kaltara Resmi dibuka, Selasa (31/5/2022)

 

PEKAN Pemuda 1 Kalimantan Utara dibuka oleh PLT. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Utara pada Selasa (31/5) siang kemarin di Convention Hall Pemprov Kaltara.

Kegiatan yang pertama kali digelar di Kaltara ini diharapkan dapat menjadi kegiatan positif untuk mengembangkan Kreativitas di Kaltara.

Ketua panita Pekan Pemuda 1 Kalimantan Utara, Muhlis Ramlan, SH.,MH menuturkan, pemuda memiliki kreativitas yang beragam, sehingga butuh ruang untuk menyalurkan kreativitas tersebut kearah positif. Dari berbagai potensi ini dapat dihimpun untuk menjadi positif.

“Untuk itulah kenapa ada acara ini. Untuk menyalurkan kreativitas para pemuda. Kegiatan seperti ini belum pernah ada sebelumnya," kata Muhlis.

Muhlis, menjelaskan kegiatan ini dapat terlaksana karena support dari Gubernur Kaltara. Hal seperti ini diharapkan dapat mendorong indeks pembangunan pemuda/IPP.  Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap 2 tahun sekali atau 1 tahun sebelum Pekan Pemuda  Nasional dan diharapkan dapat menghasilkan pemuda yang memiliki nilai tinggi, bukan hanya di tingkat nasional maupun ditingkat internasional mendatang.

“Kegiatan seperti ini tidak boleh berhenti begitu saja. Nanti, pemenang dari lomba ini, akan mengikuti lomba pekan pemuda berikutnya. Kami juga ada rencana membuat Asean Creativity Olympic,” ujarnya. 

Meski dikatakannya, Kalimantan Utara sebagai provinsi termuda tapi mampu menyetarakan diri dengan segala potensi dengan provinsi lainnya. Lomba yang terdapat pada pekan pemuda 1 kaltara ini  tidak terdapat dalam KONI atau KORMI. Organisasi baru ini menawarkan kegiatan debat, pidato, color guard, perkusi, nasyid, tari-tarian dan DJ. 

”Mudah-mudahan bisa memacu anak-anak lainnya untuk sama-sama berkontribusi. Ini menjadi awal kebangkitan di Kaltara,” ungkap Muhlis. 

Diungkapkannya pula, komitmen Gubernur Kaltara dalam mempersatukan pemuda, bersama TGUPP perlu elaborasi dalam PPI sehingga daerah dapat melahirkan peradaban baik untuk pemuda kedepannya.

“Pemenang lomba terbanyak dari kabupaten/kota nantinya akan mendapat piala bergilir. Piala ini akan diserahkan langsung oleh gubernur Kaltara,” tandas Muklis.

Kegiatan yang baru pertama kali diadakan ini diikuti oleh pemuda se-Kaltara dengan jenis lomba yakni Perkusi, Color Guard, Robotic, Debat dan Pidato, Nasyid, DJ, dan Eksebisi Tari dan Otomotif.

Sementara itu,  Plt Kadis Pemuda dan Olahraga Provinsi Kaltara, Hasnan Mutakim sebagai perwakilan dari pemerintah provinsi, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, Dispora akan memberikan perhatian khusus kepada pemuda, bukan hanya olahraga.

“Terutama pemuda yang mempunyai inovasi dan kreativitas harus diberikan perhatian khusus. Dimana hal seperti itu banyak nilai positifnya, terutama dikalangan pemuda".

Dikatakan Hasnan, bukan hanya persoalan narkoba saja, tapi banyak kejahatan lain yang sering dilakukan oleh pemuda. Contoh lain  seperti mabuk-mabukan dan balapan liar. Untuk itu, ia berharap, melalui kreativitas ini, para pemuda dapat menyalurkan bakatnya.

“Event yang dilaksanakan melalui PPI ini pertama di Kaltara,”ungkapnya.

Ketika ditanya bentuk dukungan dari pemerintah pemprov Kaltara, Hasnan menuturkan, bahwa sejak awal tahun lalu kegiatan ini sudah mendapat support. Mulai Pelantikan Pengurus Provinsi Kaltara, bulan Februari lalu, Dispora sudah melakukan rapat koordinasi dengan PPI Provinsi maupun Pusat terkait bentuk pelaksanaan hingga tempat kegiatan.

“Besar harapan kami dengan adanya kegiatan ini, paling tidak pemuda yang punya kreativitas bisa disalurkan sehingga akan menjauhi kejahatan. Kegiatan seperti ini berjenjang. Akan ada tingkat provinsi, nasional bahkan tingkat dunia,” harapnya.

“Kami ingin masyarakat, khususnya pemuda itu mandiri, baik dalam dunia olahraga maupun kepemudaan,” tambahnya

Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 31 Mei 2022 sampai 5 Juni 2022 dengan jadwal pertandingan Perkusi dan color guard tanggal 1 Juni 2022, Robotik dan debat/pidato tanggal 2 Juni 2022, Nasyid dan DJ tanggal 3 Juni 2022, Eksebisi Tari dan Otomotif tanggal 4 Juni 2022 juga di Tutup pada tanggal 5 Juni 2022 jam 10.00 Wita. 

Pada Penutupan akan ada Piala Bergilir Gubernur Kalimantan Utara kepada Kabupaten/kota mana yang akan menjadi Pemenang medali terbanyak. (ant/OL-13) 

Baca Juga

Ist

BWA Kembali Distribusikan 20 Ribu Al-Qur’an Wakaf di Sumsel

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 08:51 WIB
Pendistribusian Al-Quran akan disalurkan kepada pondok-pondok pesantren, TPA, TPQ, dan seluruh masyarakat Sumsel yangbelum memiliki...
PT Sari Coffee Indonesia

Starbucks Masuk Papua dengan Membuka Dua Gerai Baru

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 08:00 WIB
Gerai baru ini akan menawarkan pengalaman Starbucks yang khas kepada pelanggan di Indonesia bagian...
Dok. Strabucks

Starbucks Masuk Papua, Buka Gerai di Jayapura dan Abepura

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 September 2022, 06:28 WIB
McEvoy mennambahkkan, tahun ini, pihaknya berencana untuk hadir di 10 kota baru di Indonesia, dan Jayapura salah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya