Minggu 24 Januari 2021, 12:01 WIB

Kasus Covid-19 di Babel Dekati Angka 4 Ribu

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Kasus Covid-19 di Babel Dekati Angka 4 Ribu

medcom
Ilustrasi covid-19

 

PROVINSI kepulauan Bangka Belitung (Babel), yang hanya berpenduduk kurang lebih 1,4 juta jiwa memiliki angka kasus positif covid-19 hampir
mendekati 4 ribu kasus.

Juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Babel Andi Budi Prayitno mengaku prihatin melihat tingginya penyebaran covid-19 di Babel setiap hari.

Ia menyebutkan, berdasarkan data terkini, pasien positif covid-19 di Babel, setelah ada penambahan 94 kasus positif baru, mencapai 3.915 kasus atau mendekati angka 4 ribu kasus.

Baca juga: PPKM Diperpanjang, Kebijakan Tes Antigen di Perbatasan Diteruskan

"Tingginya orang terpapar di Babel saat ini memprihatinkan. Terlebih, Babel hanya berpenduduk kurang lebih 1,4 juta jiwa, yang positif mendekati 4 ribu orang," kata Andi, Minggu (24/1).

Masih tingginya angka penyebaran covid-19 di Babel, menurut Andi, karena masih kurangnya kesadaran masyarakarat mematuhi protokol kesehatan covid-19.

"Saya rasa kesadaran masyarakat kita menerapkan menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan masker masih kurang, bahkan ada yang mengabaikanya. Ini harus kita singkapi bersama, jangan sampai rasa abai ini terus menumbuhkan angka penambahan kasus di provinsi kita," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat meningkatkan kesadaran  disiplin prokes dengan begitu penyebaran covid-19 bisa diminimalkan.

"Memang saat ini sudah ada vaksin. Tetapi, jika masyarakat masih abai, tidak menutup kemungkinan masih bisa terpapar covid-19. Untuk itu, mulai saat ini, ayo jaga diri kita, keluarga, dan orang lain dari terpapar covid-19 dengan selalu disiplin menerapkan 3M," ajaknya.

Seiring dengan terus melonjaknya kasus positif covid-19, kasus pasien yang meninggal pun terus bertambah. Jumlahnya korban tewas akibat covid-19 sudah mencapai 76 orang  atau sekitar 2% dari total kasus positif.

"Angka kematian covid-19 di kita ini didominasi pasien yang mempunyai riwayat komorbid atau penyakit bawaan," tegasnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/Widjajadi

Gibran-Teguh Percepat Vaksinasi untuk Manula dan Pedagang Pasar

👤Widjajadi 🕔Senin 01 Maret 2021, 15:53 WIB
Dua hari sebelum menginjak kantor di Balaikota, duet Gibran-Teguh, sepanjang Sabtu-Minggu ( 27-28/2), memantau pelaksanaan vaksinasi untuk...
MI/Supardji Rasban

PMI Salurkan Bantuan Korban Terdampak Bencana di Jateng

👤Supardji Rasban 🕔Senin 01 Maret 2021, 15:45 WIB
SEKRETARIS Jenderal Palang Merah Indonesia Sudirman Said, meninjau dan menyalurkan bantuan ke  sejumlah tempat yang dilanda bencana...
ANTARA FOTO/Moch Asim

Muncul Klaster Ziarah, Banyumas Perketat Lagi Peribadatan & Pasar

👤Lilik Dharmawan 🕔Senin 01 Maret 2021, 15:35 WIB
Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan dari laporan-laporan yang masuk ada kecenderungan mengenai mulai longgarnya prokes di dua lokasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya