Rabu 20 Januari 2021, 19:18 WIB

Poros Mamuju-Majene Sudah Bersih dari Material Longsor

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Poros Mamuju-Majene Sudah Bersih dari Material Longsor

Antara
Alat berat membersihkan material longsor trans sulawesi yang menghubungkan Mamuju dan Majene di Sulawesi Barat, Rabu (20/1)

 

JALUR trans sulawesi yang meaghubungkan Mamuju dan Majene di Sulawesi Barat, sudah terbebas dari material longsor, Rabu (20/1). Sebelumnya, pada Jumat (15/1) hingga Minggu (17/1), jalan provinsi itu ditutup material longsor pasca gempabumi magnitudo 6,2.  

Pantauan Media Indonesia, meski poros Mamuju - Majene sudah bersih dari material longsor, namun pemerintah setempat masih menyediakan beberapa unit alat berat untuk mengantisipasi jika terjadi longsor susulan.  "Sesuai isntruksi bapak presiden, jalur Mamuju-Majene harus tetap steril dari longsor makanya alat berat harus tetap siaga," terang Gubernur Sulawesi Barat Andi Ali Baal Masdar kepada sejumlah jurnalis di Mamuju.

Sebelumnya, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati mengatakan, bahwa tim gabungan berhasil membuka kembali akses tersebut dengan bantuan alat berat.

Longsoran terjadi tepatnya di Dusun Belalang, Desa Onang Utara, Kecamatan Tubo Sendana, Kabupaten Majene.

Jalan yang tertutup longsor ini berperan sentral sebagai jalur utama untuk aktivitas masyakarat maupun respons darurat kepada warga terdampak gempa.

"Seluruh personel juga siaga di titik longsor bersama alat berat. Jadi ketika longsor, mereka langsung bertugas," imbuhnya.

Sebelumnya, beberapa titik di jalur Mamuju - Majene tertutup longsor setelah gempa magnituod 6,2 mengguncang pada Jumat lalu (15/1). Beberapa titik longsor terjadi sehingga menimbulkan kemacetan parah, baik dari sisi Mamuju maupun dari arah sebaliknya.

Kini, jalur itu sudah bersih dari material longsor dan tidak ada lagi antrean panjang dan buka tutup jalan. Akses Mamuju - Majene atau
sebaliknya sudah mulus tanpa kendala. (OL-13)

Baca Juga: Tinjau Longsor Majene, BNPB: Jalur Ulumanda Bisa Dilalui Kendaraan

Baca Juga

MI/Widjajadi

Pemkot Surakarta Benahi Lampu Stadion Manahan untuk Piala Menpora

👤Widjajadi 🕔Rabu 03 Maret 2021, 14:34 WIB
Pemkot akan secepatnya memperbaiki yang dibutuhkan di Stadion Manahan. Agar stadion siap 100% meski laga akan berlangsung tanpa...
MI/Heri Susetyo

Bea Cukai Juanda Gagalkan Penyelundupan 268 Unit iPhone Dari Batam

👤Heri Susetyo 🕔Rabu 03 Maret 2021, 13:20 WIB
Petugas Bea dan Cukai Juanda bersama Satuan Petugas Pengamanan Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Lanudal) Juanda berhasil...
MI/Ardi Teristi Hardi

Sri Sultan Harap, Varian Covid-19 Bisa Segera Diatasi

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Rabu 03 Maret 2021, 13:11 WIB
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X berharap varian baru virus Covid-19 dari Inggris tidak mudah menyebar dengan penerapan PPKM yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya