Rabu 20 Januari 2021, 16:32 WIB

PPKM Diterapkan, Penyebaran Covid-19 di Cimahi Ditekan

Depi Gunawan | Nusantara
PPKM Diterapkan, Penyebaran Covid-19 di Cimahi Ditekan

Dok MI
Ilustrasi

 

PENERAPAN aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang dimulai sejak 11 Januari lalu dinilai telah berhasil mengendalikan penyebaran kasus Covid-19 di Kota Cimahi.

"Alhamdulillah, evaluasi PPKM Cimahi yang sudah dilaksanakan seminggu lebih, hasilnya cukup terbukti efektif," kata Ketua Satgas Penanganan
Covid-19 Kota Cimahi, Ngatiyana, Rabu (20/1).

Ngatiyana yang juga menjabat Wali Kota Cimahi mengatakan, sejak penerapan PPKM jumlah kasus terkonfirmasi di wilayahnya bisa ditekan. Namun, diakuinya setiap hari masih terjadi penambahan kasus positif.

Hingga saat ini, jumlah warga terkonfirmasi positif di Cimahi mencapai 2.608 orang, bertambah 40 orang dari hari sebelumnya yang berjumlah 2.568 orang. Dari total tersebut, kasus terkonfirmasi positif aktif turun dari 475 orang menjadi 452 orang atau berkurang 23 orang dibanding hari sebelumnya.

Untuk angka kesembuhan juga kembali bertambah 62 orang menjadi total 2.092 orang. Sedangkan kasus meninggal menjadi 64 orang.

"Dengan PPKM, masyarakat mulai sadar dan lebih disiplin jalankan protokol kesehatan. Saya meminta masyarakat tetap mematuhi aturan dan menjalankan protokol kesehatan karena Covid-19 belum berakhir," ujarnya.

Sementara itu, Camat Cimahi Utara Endang mengaku, kepatuhan masyarakat dalam menjalankan aturan PPKM sangat tinggi. Hal ini terbukti ketika tim gabungan melaksanakan patroli rutin untuk menegakkan aturan jam operasional kegiatan usaha serta kepatuhan protokol kesehatan.

"Sampai hari ini, tingkat kepatuhan masyarakat terhadap PPKM menunjukan peningkatan yang signifikan. Hanya sekitar 1-2 persen yang masih melanggar," ucap Endang.

Di wilayah berbeda, tren kepatuhan warga Kabupaten Bandung Barat untuk menghindari kerumunan dan menjaga jarak juga meningkat. Bahkan, volume atau situasi lalu lintas di kawasan keramaian seperti Lembang dan Padalarang mengalami penurunan drastis.

"Sejauh ini terutama pada hari libur lalu lintas lancar, sangat efektif PPKM. Biasanya dari Jakarta tumplek di Lembang, bisa dibayangkan seperti apa, tapi sekarang sepi sekali. Jelas sekali terjadi penuruan volume kendaraan," ungkap Kepala Dinas Perhubungan Bandung Barat, Lukmanul Hakim. (R-1)

 

Baca Juga

MI/Arnoldus Dhae

Di Bali, Warga Bandel Dikalungi Tulisan Pelanggar Prokes

👤Arnoldus Dhae 🕔Jumat 05 Maret 2021, 10:11 WIB
Tim Pemburu Pelanggar Prokes Covid-19 selain memberi sanksi administrasi juga memberi sanksi sosial bagi pelanggar protokol...
MI/Tosiani

Hanya Minggu Pahing Ada Pasar Kuliner di Curug Titang

👤Tosiani 🕔Jumat 05 Maret 2021, 09:44 WIB
Curug Titang, Dusun Titang, Desa Nampirejo, Temanggung, Jawa Tengah sebuah tempat wisata alam belum digarap maksimal. Hanya ada pasar...
MI/Widjajadi

Whisnutama Siap Bantu Poles Kota Surakarta

👤Widjajadi 🕔Jumat 05 Maret 2021, 09:24 WIB
Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama siap membantu kerja Wali Kota Solo Gibran untuk memoles kota tersebut menjadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya