Rabu 20 Januari 2021, 07:13 WIB

Kasus Covid-19 di Klaten Naik, Belum Keluar Dari Zona Merah

Djoko Sardjono | Nusantara
Kasus Covid-19 di Klaten Naik, Belum Keluar Dari Zona Merah

MI/Djoko Sardjono
Kasus positif covid-19 di Kabupaten Klaten terus bertambah. Statusnya masih zona merah.

 

PERSEBARAN virus korona (covid-19) di di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, belum terkendali. Bahkan, setiap hari kasus terkonfirmasi positif bertambah, termasuk yang meninggal dunia. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Klaten, Selasa (19/1), melaporkan ada penambahan 75 orang terkonfirmasi positif. Sementara, sebanyak 36 pasien sembuh dan 6 meninggal dunia.

Dengan penambahan kasus terkonfirmasi positif tersebut, akumulasi kasus positif kini menjadi 3.938 orang. Sebanyak 3.289 orang sembuh, 207 meninggal, dan 442 dalam perawatan. Menurut Koordinator Kesehatan Satuan Tugas Covid-19, Cahyono Widodo dari penambahan 75 kasus positif, 23 orang merupakan kontak erat, 9 tertular di luar daerah, dan 43 terpapar di Klaten. Hingga kini Klaten masih zona merah.

"Penambahan kasus terkonfirmasi positif berasal dari 22 wilayah kecamatan. Dan, penyumbang terbanyak kasus positif kali ini Kecamatan  Klaten Utara, yakni sebanyak 9 orang," katanya.

Sementara itu, sebanyak 36 pasien positif korona yang telah sembuh berasal dari 15 wilayah kecamatan. Sebelumnya mereka menjalani perawatan di rumah sakit/isolasi mandiri.

"Sekalipun sudah sembuh, mereka tetap diharuskan untuk isolasi di rumah minimal tujuh hari. Dengan isolasi mandiri ini agar pasien yang dinyatakan sembuh itu benar-benar sehat,"  imbuhnya.

baca juga: Magetan Masuk Zona Merah Covid-19

Kemudian enam orang yang meninggal dunia, empat di antaranya dari penambahan kasus terkonfirmasi positif dan dua orang lainnya pasien yang tengah menjalani perawatan. Persebaran covid-19 di Klaten belum terkendali. Karena itu, masyarakat diimbau agar menaati protokol kesehatan, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun. (OL-3)


 

Baca Juga

Antara

Sprindik KPK Buat Anak Bupati Bandung Barat Beredar

👤Depi Gunawan 🕔Selasa 09 Maret 2021, 15:50 WIB
BEREDAR selembar surat dari KPK berisi pemberitahuan dimulainya penyidikan terhadap Andri Wibawa, putra ke-4 Bupati Bandung Barat, atas...
MI/Adi Kristiadi

Kata Siapa Harga Cabai Mahal, Petani Sejahtera

👤Depi Gunawan 🕔Selasa 09 Maret 2021, 15:35 WIB
HARGA cabai yang saat ini tinggi tidak selalu membuat petani diuntungkan sebab  jalur distribusi yang terlalu panjang dari petani ke...
Antara

Dinkes Telisik Penyebab Lansia Meninggal Usai Divaksin Covid

👤Lilik Darmawan 🕔Selasa 09 Maret 2021, 14:37 WIB
SEORANG perempuan lanjut usia (lansia) 74 tahun, warga Kedunggede, Kecamatan Banyumas, Kabupaten Banyumas, Jateng, meninggal usai divaksin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya