Kamis 14 Januari 2021, 09:38 WIB

Cegah Banjir TKPSDA Rekomendasi Konservasi Sungai Padang

Apul Iskandar | Nusantara
Cegah Banjir TKPSDA Rekomendasi Konservasi Sungai Padang

MI/Apul Iskandar
Juru Bicara Pemerintah Kota Tebing Tinggi Dedi Parulian Siagian

 

TIM Koordinasi Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Sungai (TKPSDA WS) Belawan Ular Padang menyepakati rumusan rekomendasi hasil Rapat Sidang III melalui video conference (zoom meeting) terkait sungai yang ada di Tebing Tinggi.

Juru Bicara Pemerintah Kota (Pemkot) Tebing Tinggi Dedi, Sumatra Utara, Parulian Siagian menjelaskan dari hasil agenda Sidang III TKPSDA WS Belawan Ular Padang Tahun 2020 yakni di antaranya untuk melakukan konservasi Sumber Daya Air (Lahan Kritis) dan Daya Rusak Air Wilayah di daerah Sungai Belawan, Sungai Ular yang berada di Kabupaten Serdang Bedagai, dan Sungai Padang di Kota Tebing Tinggi.

Dedi Siagian menjelaskan berdasarkan Surat TKPSDA WS Nomor : 15/TKPSDA/WS BUP/X/2020 merekomendasikan untuk membangun saluran suplesi dari Sungai Sibarau untuk menambah debit mengairi derah irigasi sungai Blutu serta normalisasi sungai Sibarau dari muara sampai ke hulu sekitar 20 km.

baca juga: Pemkot Tebing Tinggi Hitung Kerugian Banjir

"Selain itu juga disepakati untuk membangun embung atau waduk yang bertujuan untuk mengurangi debit puncak banjir pada daerah aliran Sungai Padang yang terletak di Kota Tebing Tinggi bersama dengan daerah lainnya yaitu Sembahe, DAS Belawan, DAS Serdang dan Bakaran Batu", kata Dedi Siagian, Rabu (13/1).

Selain itu dalam surat kesepakatan hasil Sidang III TKPSDA WS juga disebutkan akan melakukan pengerukan sedimen sungai Padang Hilir bersama dengan sungai Belawan Hilir, sungai Deli Hilir dan sungai Ular Hilir," tambahnya. (OL-3)
 

Baca Juga

ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar

BMKG Sampaikan Analisa Terkait Bencana di Sulawesi Utara

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 01:30 WIB
Massa udara yang bertemu di Sulut merupakan massa udara basah yang terbawa dari Samudera Pasifik sebelah...
Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Wabup Pringsewu Dorong Budidaya Ikan di Tengah Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 00:02 WIB
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengajak masyarakat kabupaten setempat membudidayakan ikan guna meningkatkan perekonomian saat pandemi...
MI/Gabriel Langga

Satgas Covid Sikka Mulai Tertutup kepada Wartawan

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 22 Januari 2021, 21:50 WIB
SATGAS Covid-19 Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, mulai tertutup kepada wartawan. Padahal semula,sangat terbuka memberikan informasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya