Sabtu 19 Desember 2020, 20:10 WIB

Tim Unpad Beri Laporan Uji Klinis Vaksin Sinovac Januari 2021

Bayu Anggoro | Nusantara
Tim Unpad Beri Laporan Uji Klinis Vaksin Sinovac Januari 2021

BIRO PERS SETPRES MUCHLIS JR
Vaksin Sinovac saat tiba di Indonesia beberapa waku lalu.

 

TIM Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung akan memberikan laporan awal terkait uji klinis tahap III vaksin Covid-19  buatan Sinovac, Tiongkok, pada Januari mendatang. Laporan akan meliputi keamanan produk, imunogenisitas, dan efikasi dari vaksin tersebut.

Juru bicara tim uji klinis FK Unpad, Rodman Tarigan, mengatakan, pihaknya sudah menjadwalkan laporan awal tersebut pada awal tahun depan. Hal ini dilakukan mengingat saat ini pihaknya masih melakukan pengujian yang diperkirakan akan berakhir pada Mei tahun depan.

Diprediksi semua tahapan uji klinis akan berakhir pada Juni 2021. Menurut dia, proses ini memerlukan waktu lama untuk memastikan tingkat keamanan dan efektivitas vaksin.

Pasalnya, pihaknya memerlukan waktu sekitar enam bulan untuk memantau reaksi vaksin pascapenyuntikan kedua. "Jadi kami perlu waktu yang cukup, tidak bisa diburu-buru," katanya di Bandung, Sabtu (19/12).

Meski begitu, dia memastikan pihaknya tidak menemukan kendala berarti selama uji klinis ini berlangsung. U klinis tahap III ini dimulai sejak Agustus kemarin. "Selama ini tidak ada yang reaksinya bagaimana-bagaimana. Tidak ada relawan yang kesehatannya terganggu," ungkapnya. (R-1)

Baca Juga

DOK MI

Pemkot Cirebon Kebut Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6-11 Tahun

👤Nurul Hidayah 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:20 WIB
PEMERINTAH Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat terus menggencarkan vaksinasi Covid-19, terutama untuk anak usia 6-11 tahun. Jika vaksin...
MI/Kristiadi.

Tertipu Investasi Bodong, 300 Korban Rugi hingga Rp5,7 Miliar

👤Kristiadi 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:13 WIB
Pada awalnya investasi yang dilakukan oleh tiga tersangka terdapat pengembalian uang dan keuntungan yang diberikan kepada para korban...
DOK MI

Angka Kasus Perceraian di Bandung Barat Terus Meningkat

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 19 Januari 2022, 17:11 WIB
KASUS perceraian di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat meningkat tajam selama kurun waktu empat tahun terakhir. Perceraian sebagian besar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya