Rabu 02 Desember 2020, 09:49 WIB

Maumere Jadi Pusat Tol Laut Ternak dan Barang di Pulau Flores

Gabriel Langga | Nusantara
Maumere Jadi Pusat Tol Laut Ternak dan Barang di Pulau Flores

MI/Gabriel Langga.
Aktivitas Meratus Line di Pelabuhan Lorens Say, Sikka, NTT.

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub), melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, menjadikan Maumere, Kabupaten Sikka sebagai pusat tol laut pengangkutan ternak dan barang yang ada di beberapa kabupaten yang ada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Hal itu disampaikan Sekretaris Perhubungan Kabupaten Sikka Verdinandus Lepe kepada mediaindonesia.com, Rabu (2/12).

Ia menuturkan, Kemenhub telah bertemu Pemkab Sikka, beberapa waktu lalu, untuk membahas program Nawa Cita Presiden Joko Widodo dengan implementasi program Tol Laut pengangkutan ternak dan barang ke luar Pulau Flores.

"Pak Wakil Bupati Sikka Romanus Woga yang memimpin rapat koordinasi pelaksanaan tol laut angkutan ternak dan barang bersama tim dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut yang berlangsung pada 25 November lalu. Rapat ini dalam rangka mendukung program Nawa Cita Jokowi untuk mendekatkan pelayanan bagi warga yang ada di Flores," ungkap dia.

Baca juga: Tegal Hadapi Persoalan Sampah Plastik

Verdi Lepe menyampaikan kapal tol laut untuk pengangkutan ternak dan barang akan mulai beroperasi pada 2021.

"Kemenhub akan melakukan pengoperasian tol laut pengangkutan ternak dan barang. Kapal yang beroperasi itu dengan kapasitas besar. Nanti, seluruh ternak dan barang yang ada di Pulau Flores akan dikumpulkan di Maumere. Nanti dari Maumere, baru kapal tol laut Kemenhub akan mengangkut ke Jawa," tandas dia

Dia menuturkan, terkait rute kapal tol laut itu, Tanjung Perak-Maumere. Selanjutnya dari Maumere-Kupang dan terakhir Kupang-Tanjung Perak.

"Jadi, untuk Pulau Flores, pelabuhan laut di Maumere yang menjadi pusat untuk pengangkutan ternak dan barang. Operasi mulai 2021," pungkas dia. (OL-1)

Baca Juga

NTARA/Rivan Awal Lingga

Disiplin tidak Ke Luar Daerah, Warga Baduy Terbebas Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Masyarakat Baduy lebih mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna mencegah penularan virus...
Antara

Pusat Layanan Kesehatan Dukung Pariwisata Labuan Bajo

👤Eni Kartinah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Dalam pengembangan pariwisata Labuan Bajo, Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Barat juga melibatkan bidang kesehatan berupa pelayanan...
Antara

Kemacetan Lalin di Lokasi Longsor Deli Sedang Diatur Polisi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:29 WIB
Petugas kepolisian juga melakukan buka tutup jalur, demi kelancaran lalu lintas di lokasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya