Minggu 29 November 2020, 18:08 WIB

Kasus Covid-19 Melonjak, RS di Malang Over Kapasitas

Bagus Suryo | Nusantara
Kasus Covid-19 Melonjak, RS di Malang Over Kapasitas

MI/Bagus Suryo
Petugas gabungan menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan di Malang, Jawa Timur.

 

KASUS covid-19 di wilayah Malang, Jawa Timur, terus melonjak. Bahkan, rumah sakit dan ruang isolasi pasien covid-19 mengalami over kapasitas dalam beberapa hari terakhir.

Sejumlah rumah sakit rujukan juga menyatakan belum bisa menerima pasien covid-19 atau orang dengan gejala covid-19. Pasalnya, ruang perawatan dalam kondisi penuh. "Pasien covid-19 meningkat lagi," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Malang Umar Usman saat dihubungi, Minggu (29/11).

Umar mengungkapkan sejumlah rumah sakit kewalahan seiring lonjakan kasus covid-19. Bahkan, ruang isolasi milik Pemkot Malang di Jalan Kawi terpantau terus penuh. Akhirnya, pihak RSUD dan pihak rumah isolasi terpaksa memberlakukan aturan daftar tunggu.

Baca juga: Rekor lagi! Jawa Tengah Catat Kasus Harian Covid-19 Tertinggi

"Pasien meningkat, ruang perawatan dan tempat tidur penuh. Akhirnya (ada) waiting list," imbuhnya.

Saat ini, jumlah pasien yang menjalani perawatan atau karantina di rumah isolasi Jalan Kawi tercatat 86 orang dari total kapasitas 90 tempat tidur. Adapun RSUD Kota Malang kini merawat 21 orang pasien covid-19, atau kapasitas maksimal.

Umar mengakui dari sisi jumlah tempat tidur memang masih tersedia, namun pihaknya kekurangan petugas medis. Lonjakan pasien covid-19 memaksa petugas medis di RSUD untuk diperbantukan ke rumah karantina.

Baca juga: Pemerintah Tambah Anggaran untuk Vaksinasi Covid-19

Kemudian rumah sakit yang lain juga banyak yang penuh dalam beberapa hari terakhir. Alhasil, pihaknya menghubungi rumah sakit di seluruh Jawa Timur, agar dapat merawat pasien dari Malang. Dia pun mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan.

Saat ini, kasus positif covid-19 di Kota Malang mencapai 2.259 orang. Pasien yang menjalani perawatan di rumah sakit 114 orang dan 96 orang menjalani isolasi di rumah. Jumlah pasien covid-19 yang dinyatakan sembuh tercatat 2.021 orang.(OL-11)

Baca Juga

MI/Amir MR

509 Rumah Terendam Banjir di Pedalaman Aceh Timur

👤Baharman Hasyim Pedoki/Amir 🕔Senin 18 Januari 2021, 20:18 WIB
‘’Ketinggian air antara 20 hingga 80 sentimeter. Sebagian warga kini harus mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, namun...
MI/Denny S

Pembangunan Jembatan Bailey Trans Kalimantan Terputus Dipercepat

👤Denny S 🕔Senin 18 Januari 2021, 19:30 WIB
Basuki meminta pada tiga hari ke depan pembangunan atau pemasangan jembatan bailey sudah selesai dan jalur trans Kalimantan tersebut sudah...
Dok.PUPR

Jalan Menuju Empat Desa di Ende Putus Akibat Longsor

👤Palce Amalo 🕔Senin 18 Januari 2021, 19:25 WIB
RUAS jalan menuju empat desa di dua kecamatan di Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur putus akibat tertimbun material longsor, Senin...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya