Rabu 25 November 2020, 14:30 WIB

GOR Watubelah Cirebon untuk Isolasi OTG Covid-19

Nurul Hidayah | Nusantara
GOR Watubelah Cirebon untuk Isolasi OTG Covid-19

MI/Lilik Darmawan
Pemkab Cirebon siapkan ruang isolasi bagi pasien OTG Covid-19 di GOR Watubelah dan RSUD Lama.

 

PEMERINTAH Kabupaten Cirebon bersiap menambah ruang isolasi untuk pasien covid-19. Diantaranya adalah Sport center dan bangunan rumah sakit lama.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Cirebon, Rahmat Sutrisno, menjelaskan seiring dengan testing dan tracing yang semakin digiatkan, pasien yang terpapar covid-19 saat ini mengalami peningkatan.

"Baik yang bergejala maupun tidak tidak bergejala. Semuanya meningkat," ungkap Rahmat, Rabu (25/11). Kondisi ini menyebabkan Pemkab Cirebon memutuskan untuk mengambil alih Gelanggang Olahraga (GOR) Watubelah untuk dijadikan tempat isolasi pasien covid-19.

"Nanti akan dijadikan unit layanan isolasi khusus yang dilakukan oleh RSUD Arjawinangun," ungkap Rahmat.

Hari ini juga, lanjut Rahmat, mereka akan meninjau GOR Watubelah untuk menyiapkan infrastruktur yang dibutuhkan. Mengenai akan digunakan untuk pasien apa GOR tersebut Rahmat mengungkapkan nantinya dokter yang akan
menganalisa.

"Yang pasti lonjakan ini terjadi karena ada OTG yang kurang disiplin," ungkap Rahmat. Mereka yang berstatus OTG masih tetap bergaul dengan masyarakat dan bukannya melkaukan isolasi mandiri. Sehingga memang dibutuhkan tempat khusus untuk mengisolasi agar mereka tidak bergaul dengan masyarakat umum.

Sementara itu, Dirut RSUD Arjawinangun, Bambang Sumardi, menjelaskan bahwa disiapkannya tempat isolasi baru untuk mengantisipasi lonjakan pasien yang saat ini trennya terlihat terus naik. Rencananya, selain GOR Watubelah, bangunan lama RSUD Arjawinangun juga akan direnovasi dan juga digunakan untuk isolasi pasien covid-19.

Sedangkan Untuk kapasitas isolasi pasien covid-19 yang ada di RSUD Arjawinangun saat ini menurut Bambang ada 42 tempat tidur. Namun jumlah tersebut tidak memenuhi untuk kondisi saat ini. "Sehingga penggunaan sport center mendesak," ungkap Bambang. Sedangkan untuk bangunan lama RSUD Arjawinangun rencananya juga akan digunakan tahun depan atau jika terjadi kembali peningkatan warga yang terpapar covid-19 di Kabupaten Cirebon. (OL-13)

Baca Juga: 66% Terpapar Covid-19 Orang tanpa Gejala

Baca Juga

MI/Gabriel Langga

Sepuluh Desa di Ende Terancam Terisolasi Akibat Longsor

👤Gabriel Langga 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 14:15 WIB
Longsoran itu menutup seluruh badan jalan. Akibatnya warga sekitarnya harus memasang sebilah papan agar warga dan kendaraan roda dua bisa...
ANTARA FOTO/Maulana Surya

2.056 Tenaga Kesehatan di Babel Telah Divaksin

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 13:21 WIB
Sebanyak 2.056 tenaga kesehatan di tiga daerah Provinsi Bangka Belitung (Babel) sudah mendapatkan suntikan vaksin covid-19 Sinovac di...
ANTARA

Bendung Pandemi, GOR H. Agus Salim Ditutup Dua Hari

👤Yose Hendra 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 12:48 WIB
Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Satake Bayu menuturkan, penutupan aktifitas GOR Agus Salim dan seputarannya dilakukan untuk sementara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya