Rabu 28 Oktober 2020, 07:07 WIB

ABK di Pelabuhan Wuring Diberi Edukasi Protokol Kesehatan

Gabriel Langga | Nusantara
ABK di Pelabuhan Wuring Diberi Edukasi Protokol Kesehatan

MI/Gabriel Langga
Sosialisasi Prokes covid-19 di Pelabuhan Wuring, Kabupaten Sikka.

 

SEJUMLAH Anak Buah Kapal (ABK) dari kapal nelayan dan kapal barang yang beraktivitas di Pelabuhan Wuring, Kecamatan Alok Barat, Kabupaten
Sikka diberi edukasi soal protokol kesehatan (Prokes) oleh Polair Polda NTT seperti selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak

Direktur Polair Polda NTT Kombes Pol Andreas Susi Darto melalui Komandan KP.P Sumur 3007, Brigpol I Putu Sulastra kepada mediaindonesia.com, Rabu (28/10), mengatakan, pihaknya melakukan sosialisasi Prokes covid-19 kepada seluruh ABK yang beraktivitas di Pelabuhan Wuring sebagai upaya mencegah penularan virus covid-19 melalui tranportasi laut.

Disampaikan dia, edukasi yang diberikan seperti mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah beraktivitas, memakai masker yang benar dan juga selalu menjaga jarak dalam melakukan aktivitas.

Baca juga: BPK Selisik Anggaran Penanganan Covid-19 di Medan

"Tujuan kita berikan edukasi adalah agar para ABK kapal lebih memahami tentang Prokes covid-19. Hal itu mengingat Pelabuhan Wuring ini merupakan tempat datang dan keluarnya aktivitas kapal ikan dan kapal barang," tandas Putu.

Dirinya juga mengingatkan seluruh pemilik kapal untuk selalu menyiapkan air untuk mencuci tangan bagi setiap orang yang beraktivitas di atas kapal.

Putu menuturkan, selain para ABK, edukasi Prokes covid-19 juga diberikan bagi warga yang tinggal di sekitar Pelabuhan Wuring agar mereka tetap memperhatikan Prokes.

"Selain sosialisasi kita juga berikan 150 masker dan 300 butir telur kepada para ABK dan warga yang beraktivitas di Pelabuhan Wuring," kata Putu.

Putu menambahkan kegiatan edukasi prokes ini juga melibatkan Lanal Maumere, KP3 Laut Polres Sikka, KSOP Pelabuhan Lorens Say, dan SAR Maumere.

Ia berharap, usai diberikan edukasi prokes, para ABK dan warga tetap mematuhi instruksi pemerintah dalam beraktivitas baik didarat maupun diatas kapal.

"Kita harus tetap patuhi prokes. Karena hanya dengan mematuhi prokes kita sudah memutuskan rantai penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Sikka," pungkas Putu. (OL-1)

Baca Juga

DOK MI

Karawang Tinggkatkan Frekuensi Operasi Yustisi Prokes

👤Cikwan Suwandi 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:22 WIB
Tim Satgas yang terdiri dari aparat gabungan TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, Dinkes dan BPBD kini menggelar operasi yustisi empat kali dari...
DOK IKP KOMINFO BABEL

Gubernur Erzaldi Tinjau Lokasi Sawah Terendam Banjir di Desa Kepoh

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:21 WIB
Peninjauan ini dilakukan Gubernur Erzaldi untuk melihat kondisi 260 hektare persawahan yang pada November lalu dilanda...
ANTARA/FIKRI YUSUF

Bali Akhirnya Kembali Inflasi di November 2020

👤Arnoldus Dhae 🕔Rabu 02 Desember 2020, 19:15 WIB
"Secara tahunan, inflasi Bali tercatat sebesar 0,81% (yoy), juga lebih rendah dibandingkan dengan nasional yang sebesar 1,59%...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya