Senin 26 Oktober 2020, 10:33 WIB

Empat Posko Disiapkan Antisipasi Klaster Liburan Panjang

Lilik Darmawan | Nusantara
Empat Posko Disiapkan Antisipasi Klaster Liburan Panjang

MI/Lilik Darmawan
Kawasan wisata Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah menjadi kawasan favorit masyarakat saat liburan panjang akhir Oktober ini.

 

TIM gabungan akan membentuk empat posko di perbatasan Banyumas, Jawa Tengah (Jateng) untuk mengantisipasi munculnya klaster liburan panjang. Bahkan, di empat titik tersebut bakal dilaksanakan tes rapid dan tes usap secara random.

Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bahwa menghadapi liburan panjang, pihaknya bersama dengan Polresta Banyumas dan TNI akan membentuk posko bersama. Ada empat titik yang nantinya dijadikan lokasi posko, yakni di perbatasan seperti Pekuncen, Lumbir, Sokaraja dan Tambak. 

"Bahkan, nantinya akan dilaksanakan tes swab dan rapid test secara random. Memang jumlahnya tidak banyak, tetapi setidaknya kita tahu bahwa mereka yang masuk ke Banyumas tidak mambawa virus," tegas Bupati, Senin (26/10).

Kapolresta Banyumas Kombes Whisnu Caraka menambahkan empat titik yang menjadi posko tersebut memang sebagai lokasi pemeriksaan kendaraan yang lewat. 

"Mulai hari ini, kami juga menggelar operasi zebra dengan sasaran pengguna jalan. Di empat titik tersebut selain melakukan pengecekan kendaraan, juga melakukan pemeriksaan kesehatan. Ini kerja sama dengan TNI dan pemkab," ujarnya.

baca juga: Hadapi Libur Panjang Pasar Beringharjo Jalankan Prokes Ketat

Dengan penyekatan di empat titik tersebut, pihaknya ingin menekan klaster liburan panjang. Jadi kalau sasaran kepolisian adalah bidang lalu lintas, tetapi jika tim gabungan sasarannya juga pada mereka yang masuk ke wilayah Banyumas dengan melakukan pengetesan kesehatan. 

"Intinya, jangan sampai ada klaster liburan panjang. Kami imbau kepada masyarakat Banyumas untuk tidak ke mana-mana terlebih dahulu, cukup di wilayah Banyumas saja. Daripada nanti malah membawa virus korona," tambahnya. (OL-3)
 

Baca Juga

MI/Lina Herlina

Siap Wujudkan Kemandirian Pangan, Lebih dari 5.000 Insan Pertanian Hadiri Pra Penas 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:11 WIB
Lewat kegiatan ini diharapkan dapat terbangun sistem dan usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Hasil Lab BBVeteriner Maros Pastikan Kematian Sapi di Sulsel Negatif Antraks

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:08 WIB
Cuaca yang ekstrim akhir-akhir ini menyebabkan ternak dapat dehidrasi di area...
Dok Kementan

Bawang Merah di Jayapura Tembus Rp80 Ribu per Kilogram

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 06:30 WIB
Bawang merah antar pulau diambil dengan harga Rp6 ribu-Rp 70 ribu/kg namun kondisinya masih kotor sehingga harus dibersihkan terlebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya