Senin 12 Oktober 2020, 23:12 WIB

Polda Sumut Periksa Wali Kota Sibolga

Yoseph Pencawan | Nusantara
Polda Sumut Periksa Wali Kota Sibolga

DOK MI
Ilustrasi

 

DIREKTORAT Reserse Kriminal Khusus Polda Sumatera Utara (Sumut), Senin (12/10) memeriksa Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk terkait dengan penyelidikan dugaan kasus korupsi. Direktur Reskrimsus Polda Sumut Kombes Rony Samtana menyatakan Syarfi Hutauruk dimintai keterangan sebagai saksi.

"Ada, hari ini kita lakukan pemeriksaan, tapi masih dalam tahap penyelidikan," ujarnya saat dikonfirmasi, Senin (12/10).

Syarfi diperiksa sebagai saksi atas kasus yang sedang diusut Polda Sumut terkait dengan anggaran Pemkot Sibolga. Namun Rony tidak bersedia merinci kasus ini mengenai anggaran apa dan berapa besar nilai kerugian negara yang timbul.

Dia juga belum bersedia mengungkapkan sudah berapa orang diperiksa dalam pengusutan kasus ini. Sumber di Polda Sumut menyebutkan Ditreskrimsus sudah meminta keterangan dari sejumlah pejabat Pemkot Sibolga, sebelum memanggil sang Wali Kota.

Syarfi sendiri selama dua periode memimpin Kota Sibolga kerap diterpa isu mengenai korupsi. Salah satunya dari audit Badan Pemeriksa Keungan (BPK) yang menemukan adanya kerugian negara sebesar Rp10 miliar dari alokasi dana APBD Tahun Anggaran (TA) 2015 Pemerintah Sibolga senilai Rp65 miliar.

Ini ditemukan dalam proyek Rigit Beton di Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Sibolga. Meski sempat mangkir, tetapi Syarfi telah memenuhi panggilan Kejaksaan Tinggi Sumut untuk diperiksa sebagai saksi.

Kasipenkum Kejati Sumut Sumanggar Siagian mengungkapkan, dalam kasus ini terdapat 13 orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka. Sebanyak 10 orang di antaranya berasal dari rekanan proyek dan tiga orang lainnya dari Dinas PU Kota Sibolga, termasuk Kepala Dinas. (R-1)

Baca Juga

NTARA/Rivan Awal Lingga

Disiplin tidak Ke Luar Daerah, Warga Baduy Terbebas Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Masyarakat Baduy lebih mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan guna mencegah penularan virus...
Antara

Pusat Layanan Kesehatan Dukung Pariwisata Labuan Bajo

👤Eni Kartinah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:34 WIB
Dalam pengembangan pariwisata Labuan Bajo, Pemerintah Daerah (Pemda) Manggarai Barat juga melibatkan bidang kesehatan berupa pelayanan...
Antara

Kemacetan Lalin di Lokasi Longsor Deli Sedang Diatur Polisi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:29 WIB
Petugas kepolisian juga melakukan buka tutup jalur, demi kelancaran lalu lintas di lokasi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya