Rabu 22 Juli 2020, 22:59 WIB

Angka Positif Covid-19 di Sumut Tembus 3000

Yoseph Pencawan | Nusantara
Angka Positif Covid-19 di Sumut Tembus 3000

Medcom
Ilustrasi

 

GUGUS Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara mencatat tingka penularan virus korona di provinsinya sampai dengan hari ini, Rabu (22/7), sudah menembus angka 3.000 kasus positif.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut Whiko Irwan mengungkapkan, sudah ada 3.163 pasien terkonfirmasi positif di provinsinya.

"Jumlah suspek Covid-19 di Sumut sampai dengan pukul 16.00 WIB, sebanyak 323 orang. Orang yang terkonfirmasi positif 3.163 orang, yang meninggal dunia 161 orang dan yang sembuh 824 orang," paparnya, Rabu (22/7).

Itu artinya hanya dalam tempo sekitar dua minggu kasus positif Covid-19 di Sumut bertambah 1.000 kasus. Tercatat, jumlah kasus positif di Sumut menembus angka 2.000 pada 9 Juli 2020.

Tren peningkatan kasus positif dua minggu terakhir ini tergolong pesat karena Sumut baru menembus angka 1.000 pada 19 Juni 2020. 

Ini berarti sebanyak 1.000 kasus positif di Sumut sebelumnya, bertambah dalam waktu sekitar tiga minggu.

Meski demikian, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Alwi Mujahit Hasibuan menilai tren peningkatan signifikan kasus positif tersebut lebih karena peningkatan kemampuan tes.

"Itu berarti, tracing dan penelitian epidemiologi kita jalan," ujarnya.

Selain itu, penyebab kian tingginya angka kasus positif di Sumut juga tidak lepas dari perilaku masyarakat yang tidak terkendali. Saat ini, meski masih pada tahap persiapan penerapan adaptasi kebiasaan baru, tetapi banyak masyarakat di Sumut menganggap dan bersikap seolah kondisi sudah kembali normal.

Sebelum Lebaran, dia melihat masyarakat masih terkendali. Lebih banyak yang mematuhi protokol kesehatan sehingga penambahan kasus positif masih landai.

Namun sesudah Lebaran kondisinya sudah jauh berbeda. (OL-8).

Baca Juga

ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/

Menantu Jokowi Janji Akan Perbaiki Hubungan dengan Jurnalis

👤Antara 🕔Sabtu 17 April 2021, 02:21 WIB
Ia mengaku bahwa pihaknya telah membaca maupun mendengarkan berbagai informasi yang diterima, termasuk "Wali Kota serasa...
MI/PIUS ERLANGGA

Pemkot Lhokseumawe Tindak Tegas Pedagang Makanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:56 WIB
Pemerintah Kota Lhokseumawe melalui Satpol-PP dan WH akan menindak tegas bagi pedagang bandel yang menjual makanan berbuka puasa sebelum...
MI/Tri Subarkah

PBNU Mengkritik Pemkot Serang Terkait Larangan Buka Warung Makan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:20 WIB
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengkritik keputusan Pemerintah Kota Serang Provinsi Banten soal larangan restoran, cafe, warung...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya