Kamis 25 Juni 2020, 11:06 WIB

500 OTG Jalani Tes Swab Ulang di GOR Sidoarjo

Heri Susetyo | Nusantara
500 OTG Jalani Tes Swab Ulang di GOR Sidoarjo

MI/Heru Susetyo
Ratusan OTG jalani tes swab di GOR Sidoarjo

 

SEBANYAK 500 orang tanpa gejala (OTG) yang diisolasi di sejumlah tempat, menjalani tes swab ulang di Gedung Olahraga Kabupaten Sidoarjo.

Ratusan OTG ini mendatangi lokasi tes swab dengan ambulans dari tempat isolasi seperti Mal Pelayanan Publik, hotel dan sejumlah puskesmas. Mereka menjalani isolasi karena terbukti reaktif saat dilakukan rapid test massal. Karena itu, mereka harus diisolasi sambil menunggu proses swab.

Uji swab ini dilakukan untuk memastikan apakah mereka terpapar covid-19 atau tidak. Apabila mereka positif terpapar covid-19 maka akan kembali menjalani isolasi. Beberapa dari mereka juga sebelumnya sudah menjalani tes swab dengan hasil positif covid-19. Kini, mereka menjalani swab ulang untuk memastikan apakah sudah sembuh.

"Saya sudah menjalani isolasi beberapa hari di hotel karena saat rapid test reaktif dan di swab juga positif. Saat ini swab ulang, mudah-mudahan sudah sembuh," kata Rusmanto, 45, Kamis (25/6).

Baca juga:  2 Tenaga Medis RSUD Sidoarjo Wafat Positif Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dr Syaf Satriawarman mengatakan dari 500 alat swab yang digunakan, 400 di antaranya bantuan dari sebuah bank pemerintah. Sementara, 100 unit alat swab sisanya dari Pemkab Sidoarjo.

"Mereka yang diswab ini awalnya rata-rata terjaring saat rapid test di sejumlah puskesmas, sebagian ada yang swab ulang setelah diisolasi di Mal Pelayanan Publik dan hotel," ujar Syaf.

Data hingga Kamis (25/6), jumlah penderita positif covid-19 di Sidoarjo sebanyak 1.287 orang, 207 sembuh dan 97 meninggal dunia. Sementara itu, jumlah pasien dalam pengawasan ada 727 orang dan jumlah orang dalam pemantauan 1.337 orang.(OL-5)


 

Baca Juga

MI/ HO

Dorong Ekspor, Bupati Tambrauw Bangun Infrastruktur Perikanan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 13:16 WIB
Infrastruktur ini berupa cold storage, air blast dan pabrik es, yang dibangun di Distrik Sausapor dan...
dok.ist

Sahabat Lamongan Optimis Sandiaga Uno Maju di Pilpres 2024

👤mediandonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 09:40 WIB
RATUSAN relawan Sahabat Sandi memberikan dukungan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno pada pilpres...
Dok.Pemprov Sumbar

Gandeng Kemendagri dan ESQ, Pemprov Sumbar Luncurkan ASN BerAKHLAK

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 09:05 WIB
Ia berharap launching core values ini tidak hanya sampai di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya