Rabu 06 Mei 2020, 08:04 WIB

Bantuan yang Diterima Pemkot Yogyakarta Mencapai Rp2,5 Miliar

Agus Utantoro | Nusantara
Bantuan yang Diterima Pemkot Yogyakarta Mencapai Rp2,5 Miliar

ANTARA/Andreas Fitri Atmoko
Petugas mendata bantuan APD yang akan didistribusikan di Markas PMI Daerah Istimewa Yogyakarta, di Gamping, Sleman, Senin (4/5).

 

PEMERINTAH Kota Yogyakarta, selama bulan April ini sudah menerima  bantuan dari berbagai kelompok masyarakat maupun korporasi  yang  keseluruhannya sudah mencapai Rp2,5 miliar.

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, mengatakan, keseluruhan bantuan tersebutmenunjukkan kekuatan gotong royong masyarakat guna mendukung penanganan covid-19.

Menurut dia, bantuan-bantuan yang diterima itu kesemuanya dicatat dengan  rinci dan rapi dari mana dan besarannya.

"Ada bantuan dengan nilai total Rp2,5 miliar yang masuk dan kemudian  disalurkan," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi, Selasa (5/5). 

Ia kemudian menunjukkan salah satu bantuan  yang diterima berasal dari Baznas yang berupapaker berisi  bahan kebutuhan pokok total senilai Rpp600 juta.

Pada Selasa (5/5), Pemerintah Kota Yogyakarta menerima bantuan paket alat pelindung diri (APD) berupa masker, pelindung muka, dan baju hazmat  dari Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama).

Dikatakan, APD di Yogyakarta aman sampai Mei dan pengadaan terus dilakukan sebagai antisipasi meningkatnya kasus positif covid-19.

Baca juga: 2.270 Orang di Maluku Utara Ikut Rapid Test, 128 Orang Reaktif

Pemerintah Kota Yogyakarta terus menyisir data warga miskin untuk  menemukan warga yang belum masuk dalam daftar penerima bantuan, baik  dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Upaya gotong royong untuk membantu warga terdampak pandemi covid-19 juga dilakukan warga di lingkungan Rukun Warga (RW), termasuk wargaRW 23 Kelurahan Wirogunan yang menggelar aksi sosial dengan membagikan paket sembako dari warga untuk warga yang membutuhkan.

Sementara Duta Besar RI  di Kairo, Mesir, Helmy Fauzy, Selasa (5/5) membagikan paket berisi bahan-bahan kebutuhan pokok kepada warga kurang mampu terdampak covid-19 di DIY. Sebagian di antaranya dibagikan untuk warga Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman, kabupaten Sleman.

Bantuan sembako yang berisi 5 kilogram beras, minyak goreng, mie instan, gula pasir, teh dan telur itu dibagikan langsung kerumah warga dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Salah satu warga bernama Is Yulianto yang dipercaya mengantarkan bantuan itu mengatakan, semua bantuan yang berasal dari Dubes Cairo telah selesai disalurkan.

"Alhamdulilah semua bantuan dari Dubes RI Kairo sudah disalurkan semuanya. Kami mengucapkan terimakasih karena telah diberikan kepercayaan untuk menyalurkan bantuan itu. Semoga pak Dubes dan keluarganya selalu diberikan kesehatan dan kelancaran rezeki," ujar Is Yulianto. (A-2)

Baca Juga

MI/Yoseph Pencawan

Dituduh Plagiat, Ini Klarifikasi Rektor USU Muryanto

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Minggu 17 Januari 2021, 20:00 WIB
Muryanto menegaskan bahwa kasus tersebut telah diselidiki sejak Januari hingga Desember 2020. USU juga telah membentuk tim khusus untuk...
ANTARA

69 Nakes di Manggarai Terpapar Covid-19

👤Yohanes Manasye 🕔Minggu 17 Januari 2021, 19:45 WIB
Dari 800 nakes yang menjalani pemeriksaan, terdapat 69 orang terpapar...
Ilustrasi

Satu Ton Bakso Didonasikan Universitas Hasanuddin untuk Sulbar

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 17 Januari 2021, 18:32 WIB
Kegiatan pelepasan bantuan berlangsung pukul 14.00 Wita di lokasi pengolahan bakso, kawasan Teaching Farm Unhas, Kampus Tamalanrea secara...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya