Minggu 05 April 2020, 12:48 WIB

Gugus Tugas Covid-19 Babel Larang Semprot Disinfektan ke Tubuh

Rendy Ferdiansyah | Nusantara
Gugus Tugas Covid-19 Babel Larang Semprot Disinfektan ke Tubuh

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.
Bilik disinfektan.

 

Gugus Tugas Penanganan Pencegahan Covid-19 Provinsi Bangka Belitung (Babel) mengeluarkan srat edaran ke seluruh kabupaten/kota untuk tidak melakukan menyemprotkan cairan disinfektan langsung ke tubuh.

"Kita sudah menerima surat dari Kemenkes dan sudah kita tindak lanjuti baik itu kepada tim dilapangan maupun kabupaten/kota di Babel," kata Ketua Sekretariat Pusat Komando Pengendalian dan Operasional Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Bangka Belitung (Babel) Mikron Antariksa, Minggu (5/4).

Sebelumnya memang, diakui Mikron, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di tempat-tempat keramaian, pelabuhan, dan bandara menggunakan bilik dengan cair disinfektan.

Baca Juga: Cegah Covid-19, Tamu Istana Wajib Lewat Bilik Disinfektan

"Cara penyemprotan disinfektan ke tubuh ini menurut kemenkes berbahaya dan keliru karena akan menyebabkan iritasi pada kulit," ujarnya.

Untuk itu, pihaknya sudah melarang penyemprotan dengan disinfektan langsung ke tubuh karena berbahaya bisa iritasi. Tetapi disinfektan bisa digunakan untuk penyemprotan benda-benda seperti gagang pintu dan sebagainya. "Kalau untuk benda bisa pakai disinfektan, tapi kalau langsung ke tubuh tidak boleh," terangnya.

Pihaknya pun, lanjut Mikron, sudah meminta tim di lapangan dan kabupaten/kota untuk menggantikan cair disinfektan dengan cair lain seperti dettol.

"Mulai saat ini, di bilik penyemprotan cairan kita ganti dengan cairan sejenis dettol, agar tidak berbahaya dan iritasi pada kulit," ungkap dia.(RF/OL-10)

Baca Juga

Ist

Babel Masuk 10 Provinsi yang Mengalami Pertumbuhan Ekonomi Positif

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 19:57 WIB
Babel telah berupaya untuk membawa daerahnya menjadi bagian dari 10 provinsi di Indonesia yang mengalami pertumbuhan ekonomi positif...
Ist

Hari Buku Nasional, Ganjar Dapat Kado Spesial dari Anak 11 Tahun

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 18:25 WIB
Bertepatan dengan peringatan Hari Buku Nasional, Abe memberikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kado novel karyanya sendiri berjudul...
ANTARA/ 	Iggoy el Fitra

Sembilan Pos Didirikan Polres Pariaman Untuk Tutup Tempat Wisata

👤Yose Hendra 🕔Senin 17 Mei 2021, 18:18 WIB
Sembilan pos tersebut terdiri dari 8 pos bersifat stasioner atau diam di tempat, dan satu pos secara mobile atau...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya