Senin 03 Februari 2020, 21:36 WIB

Ojek Online Pemicu Inflasi Sumatra Barat

Yose Hendra | Nusantara
Ojek Online Pemicu Inflasi Sumatra Barat

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI.
ilustrasi : Sejumlah pengemudi ojek online menunggu penumpang (Mangkal) di depan Stasiun Palmerah, Jakarta.

 

KENAIKAN tarif ojek online menjadi salah satu pemicu inflasi di Sumatra Barat, selain cabai merah dan bawang merah. Acuan inflasi di Sumatra Barat adalah dua kota, yakni Kota Padang dan Bukittinggi.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatra Barat (Sumbar) Pitono menyebutkan, ini pertama kalinya tarif ojek online ikut memicu inflasi, karena biasanya hanya cabai merah, bawang merah, telur ayam ras. "Kembali cabai merah mempengaruhi inflasi Sumbar, karena memang konsumsi cabai orang Sumbar juga tinggi. Juga tarif kendaraan roda dua online," katanya, Senin (3/2).

Data BPS mencatat, cabai merah mengalami kenaikan harga 18,45 persen dari bulan lalu dan berkontribusi 0,21 persen terhadap laju inflasi Kota Padang. Sedangkan Di Bukittinggi naik 2,97 persen dengan kontribusi terhadap inflasi 0,04 persen.

Kemudian, bawang merah naik 15,94 persen di Padang dan 22,06 persen di Bukittinggi, tarif ojol naik paling tinggi di Padang yang mencapai 29,7 persen dengan kontribusi terhadap inflasi 0,06 persen.

Selanjutnya, rokok kretek naik 3,27 persen di Padang dan 1,42 persen di Bukittinggi. Telur ayam ras naik 3,44 persen di Bukittinggi, udang basah meningkat 24,39 persen di Padang.

Dengan begitu, sepanjang awal tahun ini atau per Januari 2020, inflasi Kota Padang tercatat 0,65 persen dan Bukittinggi 0,25 persen. Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, inflasi Kota Padang sebesar 2,40 persen dan Bukittinggi 2,03 persen.

Sementara itu, Bank Indonesia Sumbar memperkirakan laju inflasi Sumbar tahun ini lebih stabil pada angka 3 persen plus minus 1 persen. "Perkiraan kami inflasi Sumbar tahun ini cukup stabil di kisaran 3 persen plus minus 1 persen," ujar Kepala BI Perwakilan Sumbar Wahyu Purnama A. (OL-12)

Baca Juga

Ilustrasi

Bayar Listrik Tepat Waktu, PLN Beri Penghargaan Pemkab Gumas

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 04:00 WIB
“Pembayaran rekening listrik pemkab sudah sangat baik selama tahun 2020. PLN berharap pembayaran listrik tepat waktu yang dilakukan...
MI/Rendy Ferdiansyah

Pemkab Bangka Barat Gandeng Organisasi Pemuda Promosikan Wisata

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 03:45 WIB
Pembangunan sektor pariwisata tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah, namun harus banyak pihak yang terlibat, khususnya generasi muda...
MI/Marcel Kellen

Ada Pembakaran Pesawat, Penerbangan Perintis di Papua Masih Aman

👤Mediaindonesia co, 🕔Rabu 20 Januari 2021, 03:30 WIB
Penerbangan perintis penumpang dan kargo barang ke berbagai rute di pedalaman Papua itu mendapatkan subsidi anggaran dari APBN melalui...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya