Senin 01 April 2019, 18:00 WIB

Taruna Merah Putih Gencarkan Kampanye Door to Door

Benny Bastiandy | Nusantara
Taruna Merah Putih Gencarkan Kampanye Door to Door

MI/BENNY BASTIANDY
Taruna Merah Putih

 

TARUNA Merah Putih (TMP), organ sayap PDI Perjuangan, makin menggencarkan kampanye door to door untuk mendongkrak perolehan suara pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Apalagi hasil survei yang dilakukan secara internal maupun oleh lembaga independen, tren perolehan suara pasangan nomor urut 01 itu, khususnya di Jawa Barat, meningkat dibanding Pilpres 2014 lalu.

"Jokowi di Jawa Barat, termasuk di Cianjur kalah telak (pada) 2014 dari Pak Prabowo. Itu harus diakui. Kita harus sportif mengatakan itu," kata Ketua Umum TMP, Maruarar Sirait, seusai menghadiri kegiatan kaderisasi TMP DPC Kabupaten Cianjur dalam rangka pemantapan kampanye door to door pemenangan Pileg dan Pilpres 2019 di Gedung Assakinah, Senin (1/4).

Namun, lanjut influencer Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-KH Ma'ruf Amin itu, menghadapi Pilpres 2019, sedikit demi sedikit tren elektabilitas petahana di Jawa Barat mulai meningkat. Mulai terjadi mutasi suara dukungan yang condong mendukung pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin.

"Dalam berbagai data survei, mau internal, independen, dan sebagainya, sangat jelas ya, semua juga pada tahu, bahwa ada mutasi dukungan suara di Jawa Barat yang luar biasa. Jawa Barat provinsi yang sangat strategis karena jumlah pemilihnya paling besar di Indonesia. Jadi, yang tadinya kalah 20%, sekarang menang tipis di Jawa Barat," beber anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan itu.

Terjadinya tren mutasi dukungan tersebut, kata Maruarar, tak terlepas kerja nyata selama 4,5 tahun terakhir. Bang Ara, sapaan akrab Maruarar Sirait, meyakini masyarakat Jawa Barat sangat rasional, objektif, fair, dan santun.

"Selama lebih kurang 4,5 tahun terakhir, pak Jokowi sudah bisa memperlihatkan kerja nyata yang terbukti. Di dapil (daerah pemilihan) saya yang dulu, dua proyek besar dituntaskan yaitu Bandar Kertajati di Majalengka dan Waduk Jatigede di Sumedang. Sekarang yang sedang berproses Pelabuhan Patimban," imbuhnya.

Berbagai program kerja nyata itu, kata Bang Ara, jadi modal bagi para kader TMP untuk menyosialisasikan kepada masyarakat secara door to door. Ia meyakini, kampanye door to door yang dilakukan akan bisa lebih menyentuh kepada masyarakat.

"Sangat efektif. Beda kan kalau orang disentuh. Tim-tim ini yang harus mampu merepresentasikan pak Jokowi. Lakukan kampanye door to door ini dengan rendah hati, sopan, harus membawa data-data dan bukti nyata. Bisa menjelaskan kepada masyarakat kenapa merakyat, kenapa bersih, kenapa kerja nyata," tegasnya.

 

Baca juga: Capres Paling Sering Kena Serang Kabar Bohong

 

Langkah-langkah itu perlu dilakukan mengingat masyarakat saat ini, termasuk di Kabupaten Cianjur, relatif kritis terhadap berbagai informasi di lapangan. 

Dengan demikian, nantinya akan terjadi dialog yang bisa menjadi modal mengedukasi masyarakat terhadap kinerja yang sudah dilakukan Jokowi selama ini bagi pembangunan Indonesia.

"Kalaupun masyarakat ada yang tidak memilih setelah kita berikan pemahaman, ya tidak apa-apa. Kita harus menghargai perbedaan itu. Kita didik, kita edukasi masyarakat berdemokrasi dengan cara-cara yang benar," pungkas Ara.

Ketua TMP DPC Kabupaten Cianjur, Dadang Sutarmo, menegaskan siap memenangkan target suara kemenangan 60% di Cianjur bagi pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin. Ia sudah membekali semua kader TMP dengan berbagai program keberhasilan yang sudah dicapai serta berbagai program 5 tahun ke depan.

"Kami sudah bertekad memenangkan pak Jokowi-KH Ma'ruf Amin di Cianjur dengan raihan target 60% suara," tegas Dadang.

Kegiatan kaderisasi TMP di Kabupaten Cianjur diikuti lebih dari 300 orang. Kaderisasi rutin dilaksanakan dengan tujuan mencetak generasi-generasi muda yang berjiwa gotong-royong dan bahu-membahu untuk membantu pembangunan.

"Insya Allah, kami selalu solid," pungkasnya. (OL-3)
 

Baca Juga

DOK MI

Ratusan Guru PPPK Di Babel Belum Dapat Gaji

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 28 September 2022, 19:48 WIB
RATUSAN guru dengan status Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Provinsi Bangka Belitung (Babel) belum mendapatkan...
dok.polbangtan-kementan

Polbangtan Malang Kunjungi Peternak Milenial Pacitan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 19:40 WIB
DIREKTUR Polbangtan Malang Setya Budhi Udrayana melakukan kunjungan di wilayah pelaksanaan Program YESS Jawa Timur di Kabupaten Pacitan,...
Medcom

Cuaca Ekstrem Berpotensi Landa Bangka Belitung

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Rabu 28 September 2022, 19:34 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas Pangkalpinang mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem di Bangka...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya