Kamis 12 Januari 2023, 21:32 WIB

59 Bangunan Liar Ditertibkan untuk Kelanjutan Sodetan Kali Ciliwung

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
59 Bangunan Liar Ditertibkan untuk Kelanjutan Sodetan Kali Ciliwung

Antara/Akbar Nugroho Gumay.
Petugas memeriksa mata bor pengerjaan sodetan Kali Ciliwung-Kanal Banjir Timur di arriving shaft (titik pertemuan) Jalan Otista III.

 

PEMERINTAH Kota Jakarta Timur melakukan penertiban dan penataan terpadu dalam rangka penataan kawasan pengendalian banjir terhadap 59 bangunan tak berizin yang ada di Jalan IPN Kebon Nanas RT 009 RW 06, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (12/1). Penertiban ini dilakukan dalam rangka pembangunan Proyek Nasional Sodetan Ciliwung menuju ke Kanal Banjir Timur (KBT).

"Diharapkan dengan terbangunnya sodetan, rumah warga yang berada dekat aliran kali Ciliwung bisa terbebas dari banjir," ujar Wali Kota Jakarta Timur, M. Anwar, dalam keterangan resmi, Kamis (12/1). Terkait status lahan, lokasi sodetan sendiri merupakan asset Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang telah diserahkanterimakan atau Berita Acara Serah Terima (BAST) dari Yayasan Trisakti kepada Pemerintah Kota Jakarta Timur sebagai fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Terkait relokasi warga yang sebelumnya menghuni bangunan liar tersebut, Pemkot Jakarta Timur sudah menyiapkan berbagai solusi bagi warga terdampak antara lain dengan melakukan relokasi warga ber-KTP DKI Jakarta ke rumah susun dan para pedagang akan ditempatkan di pasar di bawah binaan PD Pasar Jaya. Dari 52 penghuni, ada 26 orang ber-KTP DKI yang akan direlokasi ke Rusun Cipinang Besar Utara. 

Sementara warga yang berdagang tercatat sebanyak sembilan orang. Sebagai gantinya akan disiapkan tempat berjualan di pasar-pasar milik PD Pasar Jaya seperti di Pasar Embrio Kecamatan Makasar. Sedangkan untuk warga terdampak yang ber-KTP luar kota Jakarta sebanyak 12 keluarga akan diantar pulang kampung masing-masing.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Timur, Budy Novian, mengatakan pelaksanaan penertiban hari ini sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Surat Peringatan 1, 2, dan 3 sudah disampaikan. Surat Peringatan 1 diberikan 5 Januari 2023, Surat Peringatan 2 diberikan 9 Januari 2023, dan pada 11Januari 2023 diberikan Surat Peringatan 3 kepada para penghuni bangunan di lokasi tersebut. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Career Day 2023 MGBK DKI Dihadiri Puluhan Ribu Pelajar

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:43 WIB
Setiap hari, tak kurang dari 15 ribu pengunjung yang didominasi pelajar SMA/SMK dan guru, datang ke Balai Samudera untuk melihat booth atau...
Metro TV/Sidharta Aria Agung.

Ayah Bekerja, Kakak Adik Tewas Terpanggang

👤Sidharta Aria Agung 🕔Kamis 26 Januari 2023, 21:39 WIB
Ditinggal orangtua bekerja, dua saudara kandung tewas terbakar. Insiden ini terjadi di rumah korban di kawasan Pabuaran, Bojonggede,...
Medcom

Pelaku Mutilasi di Bekasi Berpindah-Pindah Kontrakan Bawa Jasad Korban

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Januari 2023, 18:55 WIB
Terakhir tersangka berpindah pada Desember 2022 di wilayah yang sama dan menjadi tempat penemuan jasad oleh pihak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya