Jumat 06 Januari 2023, 18:46 WIB

Polisi Pastikan Identitas Korban Mutilasi, Dibunuh pada November 2021

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polisi Pastikan Identitas Korban Mutilasi, Dibunuh pada November 2021

MI/Pius
Foto korban mutilasi Angela Hindriati Wahyuningsih diperlihatkan sang kakak Turyono Wahadi saat dilaporkan hilang pada 2019 lalu.

 

POLISI memastikan wanita yang ditemukan tewas dalam kondisi dimutilasi di sebuah rumah kontrakan di Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, bernama Angela Hindriati Wahyuningsi, 54.

Direktur Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Hengki Haryadi mengatakan pihaknya memastikan identitas korban dengan mengedepankan scientific crime investigation.

"Hasil pemeriksaan DNA hari ini hasil kolaborasi antara kedokteran forensik RS Bhayangkara, RS (Polri) Sutanto dan Laboratorium Forensik Polri mengindikasikan bahwa korban terkonfirmasi Angela Hindriati," kata Hengki melalui keterangannya di Jakarta, Jumat (6/1).

Hengki mengatakan berdasarkan pemeriksaan laboratorium forensik, diduga Angela dibunuh sekitar November 2021. Dalam kurun waktu satu tahun lebih, tersangka menyimpan jasad korban di kontrakan yang kerap ditempati oleh tersangka ketika tidak berada di rumahnya.

Hengki mengatakan selanjutnya tim penyidik Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya akan mendalami terkait motif pembunuhan yang diduga dilakukan oleh tersangka M Ecky Listiantho atau MEL, 34.

Hengki mengatakan pihaknya akan melibatkan Asosiasi Psikologi Forensik (Apsifor) dan juga psikiatri forensik untuk mengungkap kasus ini.

"Tim menganalisa motif dan latar belakang tersangka yang melakukan tindak kejahatan yang cukup keji ini," katanya.

Diketahui, tersangka kasus pembunuhan dengan mutilasi MEL diduga menjalin hubungan dengan Angela.

Kakak Angela, Turyono Wahadi, mengungkapkan pihak keluarga mengetahui nama Ecky dari rekan kerja Angela. Berdasarkan informasi, Ecky dan Angela menjalin hubungan asmara atau berpacaran.

"Berpacaran menurut saya. Tetapi, saya tidak tahu sejak kapan, karena tidak kenal dengan pelaku," kata Turyono, kepada Media Indonesia, Jumat.

Turyono menyebut pihak keluarga terakhir kali mendapatkan kabar dari Angela pada 2019 lalu. Saat itu, Angela diketahui berada di Bandung, Jawa Barat, dalam rangka melaksanakan tugas dari kantornya.

Pada Senin (24/6/2019), Turyono mengatakan bahwa Angela masih berkomunikasi di grup WhatsApp kantornya. Angela menyampaikan bahwa dirinya dalam perjalanan pulang dari Bandung ke Jakarta. Namun, setelah itu tidak ada lagi kabar darinya.


Baca juga: Terkuak, Ini Motif Pembakaran Dua Pejalan Kaki di Jakarta Utara


Pihak keluarga kemudian mencari informasi keberadaan Angela ke teman dan sahabatnya. Namun, belum membuahkan hasil. Turyono kemudian melapor ke Polda Jawa Barat pada 26 Juni 2019 untuk mencari keberadaan Angela.

Tiga setengah tahun berselang, muncul kabar mengenai keberadaan Angela. Namun nahas, Angela ditemukan dalam keadaan sudah tidak bernyawa. Angela diduga menjadi korban pembunuhan dan jasadnya ditemukan di Tambun, Kabupaten Bekasi.

Polisi kemudian membongkar makam Anna Laksita Leialoha, 15, di TPU Kampung Kandang, Jagakarsa, Jakarta Selatan, pada Kamis (5/1) untuk memastikan jasad tersebut adalah Angela. Anna diketahui merupakan anak dari Angela yang meninggal dunia pada 2018.

Turyono menyebut polisi menggali makam keponakannya itu untuk mengumpulkan sampel Deoxyribo Nucleic Acid (DNA) yang selanjutnya akan dicocokkan dengan DNA korban mutilasi yang diduga Angela.

Turyono mengaku mendapatkan kabar bahwa Angela diduga merupakan korban mutilasi yang terjadi di Bekasi. Namun, dugaan itu masih dipastikan lagi dengan penyelidikan dari pihak kepolisian.

"Belum bisa dipastikan, masih dalam penyelidikan kepolisian," kata Turyono.

Sebelumnya, sesosok jasad wanita ditemukan tewas dalam kondisi dimutilasi di sebuah rumah kontrakan di Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menyebut korban ditemukan saat polisi mencari orang hilang atas nama MEL. Ecky dikabarkan hilang sejak Jumat (23/12/2022) pagi.

Anggota Resmob Unit 4 Polda Metro Jaya menindaklanjuti laporan tentang orang hilang itu dan mendatangi kontrakan di Kampung Buaran, Desa Lambangsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jabar pada Kamis (29/12/2022) malam.

Polisi kemudian menemukan Ecky dan tanpa disangka juga menemukan jasad wanita yang dimutilasi tersimpan dalam dua boks. MEL kemudian ditangkap dan ditetapkan sebagai tersangka.

"Sesampainya anggota Resmob Polda Metro Jaya di TKP langsung mengamankan tersangka dan dilakukan penggeledahan," kata Zulpan, melalui keterangannya, Jumat (30/12/2022).

"Saat melakukan pengeledahan ditemukan 2 boks kontainer yang berisikan kantung plastik hitam yang di dalamnya mayat berjenis perempuan," tambahnya. (OL-16)

 

Baca Juga

Antara

Ketahui Hal Ini Sebelum Menyaksikan Konser Dewa 19

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:38 WIB
Penonton konser musik Dewa 19 menaiki bus pengumpan (shuttle bus) dari Jakarta International Expo di Kemayoran dan Pantai Karnaval di...
Instagram @officialdewa19

Ribuan Personel Gabungan TNI-Polri Dikerahkan dalam Pengamanan Konser Dewa 19

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:22 WIB
SEBANYAK 2.174 gabungan TNI-Polri dikerahkan dalam pengamanan Konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 akan digelar di Jakarta...
Antara/Feny Selly

Tekan Stunting, DPRD Minta Pemprov DKI Lakukan Revitalisasi Posyandu

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:14 WIB
Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Idris Ahmad meminta Pemprov DKI menjalankan arahan Menteri Kesehatan Budi Gunadi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya