Jumat 30 Desember 2022, 15:07 WIB

Jalur Puncak Bogor mulai Dipadati Kendaraan

Mediaindonesia | Megapolitan
Jalur Puncak Bogor mulai Dipadati Kendaraan

ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya
Antrean kendaraan memasuki kawasan wisata Puncak, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

JALUR Wisata Puncak Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat siang, mulai dipadati kendaraan dari luar daerah menjelang peringatan Tahun Baru 2023.

Pantauan di Jalur Puncak Bogor, kepadatan kendaraan terjadi sejak pukul 13.15 WIB di beberapa titik setelah pelaksanaan ibadah shalat Jumat.

Beberapa titik kemacetan berada di Simpang Gadog hingga Cimory Megamendung di jalur Jakarta menuju Puncak. Di Jalur Puncak menuju Jakarta kemacetan terjadi di KFC Cisarua, Pasar Cisarua hingga Taman Safari Indonesia (TSI), dan di Taman Wisata Matahari (TWM) hingga Cimory Megamendung.

Kapolres Bogor AKBP Iman Imanuddin di Pos Pelayanan Terpadu Gadog menyebutkan bahwa terjadi peningkatan sekitar 20 persen volume kendaraan yang mengarah ke Puncak Bogor jika dibandingkan hari biasa.

Menurutnya, kepadatan kendaraan yang terjadi pada Jumat siang karena masyarakat yang merayakan Tahun Baru di Puncak lebih awal tiba sebelum jalur ditutup total dengan adanya "Car Free Night" (CFN) pada malam Tahun Baru 2023.

"Kami sudah menginformasikan dari awal untuk tanggal 31 Desember 2022 akan memberlakukan pembatasan, menyusul peningkatan kegiatan masyarakat di Jalur Puncak Bogor dengan adanya 'Car Free Night' pada malam Tahun Baru 2023," kata AKBP Iman.

Bahkan, kata dia,  pihaknya akan memberlakukan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap kendaraan pada Jumat pukul 15.00 WIB hingga Minggu, 1 Januari 2023 pukul 24.00 WIB.

Baca juga: Tinjau Jalur Puncak, Menko PMK dan Menhub Ingatkan Cuaca Ekstrem 

Iman menyebutkan bahwa sebanyak 2.500 personel gabungan dilibatkan untuk pengamanan selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 di Kabupaten Bogor.

"Operasi Lilin 2022 dilakukan dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 mulai dari 22 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023," kata Iman.

Ia mengatakan forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) sepakat akan menempatkan 2.500 personel tersebut di 15 posko pengamanan yang lokasinya di pusat-pusat keramaian.

"Personel pengamanan disebar di berbagai titik lokasi seperti gereja, lokasi wisata, mal, dan lokasi keramaian lainnya," ujarnya.

Iman memaparkan posko utama Operasi Lilin lodaya berada di Mako Polres Bogor,  Simpang Gadog, Ciawi, Megamendung, Cisarua, Rindu Alam, Cijeruk, Babakanmadang, Sukaraja, Cibinong, Citereup, Gunungputri, Cileungsi, Jonggol, Ciampea, Parung, dan Parungpanjang.(OL-4)

Baca Juga

DOK MI.

Pengamat: Polisi Bertindak seperti Hakim Vonis Hasya sebagai Tersangka

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 18:15 WIB
Empati dari penabrak terhadap korban tertuang dalam Pasal 231 Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan...
DOK MI.

Polda Metro Jaya Gandeng Pakar Kaji Status Tersangka Hasya

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 17:00 WIB
Saat ini pihaknya menggandeng sejumlah pakar untuk melakukan kajian secara hukum terkait status tersangka...
DOK MI.

Diminta Restorative Justice, Kuasa Hukum Hasya belum Tentukan Sikap

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 16:52 WIB
Hasil dan kesimpulan dari rekonstruksi ulang sendiri belum dikeluarkan oleh pihak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya