Rabu 04 Mei 2022, 18:41 WIB

Polisi Siapkan Rute Alternatif Arus Balik ke Jakarta

Rudi Kurniawansyah | Megapolitan
Polisi Siapkan Rute Alternatif Arus Balik ke Jakarta

Antara
Foto udara sejumlah kendaraan melintas ruas jalan tol.

 

POLRI berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serta stakeholder lainnya, telah menyiapkan langkah untuk mencegah kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022.

Setidaknya, ada tujuh langkah dan sejumlah rute alternatif yang akan diterapkan untuk mengupayakan keamanan, keselamatan dan kenyamanan masyarakat. Khususnya, saat melakukan perjalanan kembali dari kampung halaman ke kota domisili.

“Pertama, penerapan rekayasa lalu lintas berupa sistem satu arah (one way) mulai Km 414 atau Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama,” ujar Kadiv Humas Polri Inspektur Jenderal Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Rabu (4/5).

Baca juga: Puncak Arus Balik, 269 Ribu Kendaraan akan Kembali ke Jabotabek

Dedi menjelaskan jika volume kendaraan sangat padat menuju Jakarta, sejak 6 Mei 2022 pukul 14.00-24.00 WIB akan diberlakukan one way. Itu dimulai GT Kalikangkung KM 414 sampai dengan Tol Cikampek KM 47, diteruskan Contra Flow sampai dengan KM 28,5.

Rekayasa Lalu Lintas itu juga berlaku dan bersifat situasional pada pucak arus yang diprediksi pada Sabtu, 7 Mei dan Minggu, 8 Mei 2022.

“Langkah kedua tentunya Polri, Kemenhub, serta stakeholders terus-menerus mensosialisasikan rute alternatif menuju Bandung dari Jakarta saat penerapan one way," jelas Dedi.

Adapun rute-rute alternatif Jakarta arah Bandung, yaitu Jagorawi-Puncak-Cisarua-Cipanas-Cianjur-Sukaluyu-Cipatat-Padalarang-Bandung. Kemudian, Jagorawi-Cibubur-Cileungsi-Jonggol-Cianjur-Padalarang-Bandung.

Baca juga: H+2 Lebaran, Tol Ciawi Arah Puncak Macet Total

Selanjutnya, Kalimalang-Kedung Waringin-Karawang-Purwakarta-Wanayasa-Lembang-Bandung. Kemudian, Kalimalang-Kedung Waringin-Karawang-Purwakarta-Sukatani-Darangdan-Cikalong-Padalarang-Bandung. Kemudian, melalui Jagorawi-Sukabumi-Cianjur-Padalarang-Bandung.

"Mengimbau warga untuk menggunakan rute alternatif dan tidak menunggu selesainya one way di entry gerbang tol. Sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan," papar Dedi.

Lalu, Polri dengan stakeholders terkait melakukan implementasi manajemen tempat istirahat atau rest area.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Penunjukan Dani Ramdan Sebagai Penjabat Bupati Bekasi Dinilai Tepat

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 22 Mei 2022, 22:58 WIB
Dani Ramdan dinilai punya rekam jejak yang baik dan diharapkan bisa memimpim Kabupaten Bekasi menuju perubahan...
MI/Ramdani

Mobil Balap Formula E Mulai Tiba di Jakarta

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Minggu 22 Mei 2022, 14:40 WIB
Keseluruhan komponen mobil balap Formula E dikirim dari Doha, Qatar, karena para atlet baru selesai mengikuti ajang Formula E di...
DOK Pribadi.

Jalin Silaturahmi dan Keakraban, Komunitas BPRC Gelar Halalbihalal 

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 22 Mei 2022, 14:10 WIB
Seiring perjalanan waktu, satu demi satu keluarga keluar dari kompleks karena orangtua pensiun dan alasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya