Selasa 05 April 2022, 14:20 WIB

PPKM Level 2 di Jabodetabek Diperpanjang Hingga 18 April

Putri Anisa Yuliani | Megapolitan
PPKM Level 2 di Jabodetabek Diperpanjang Hingga 18 April

MI/Susanto
Warga mengunjungi kawasan Kota Tua, Jakarta.

 

PEMERINTAH pusat menetapkan PPKM Level 2 di wilayah Jabodetabek diperpanjang. Keputusan ini diatur dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 20 Tahun 2022 yang mengatur khusus perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di wilayah Jawa-Bali.

Adanya keputusan ini disebabkan laju vaksinasi di berbagai daerah Jawa-Bali mengalami peningkatan, termasuk pemberian suntikan dosis ketiga (booster). Capaian vaksinasi diketahui menjadi salah satu parameter evaluasi PPKM.

Adapun Inmendagri tersebut berlaku efektif mulai dari Selasa, 5 April 2022 hingga 18 April 2022.

“Perpanjangan PPKM di awal Ramadan ini kita harapkan menjadi pertanda baik, di mana sudah semakin banyak daerah yang berada di Level 1,” terang Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal ZA dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/4).

Safrizal menjelaskan, jumlah daerah yang masuk dalam kategori PPKM Level 1 mengalami kenaikan signifikan, dari sebelumnya hanya 6 daerah menjadi 20 daerah. Kenaikan juga terjadi pada daerah yang berada di Level 2, yaitu 99 daerah dari yang sebelumnya 83 daerah.

Baca juga: Volume Kendaraan di Jakarta Meningkat 18 Persen Sepekan Terakhir

Kenaikan pada Level 1 dan Level 2 secara otomatis menurunkan jumlah daerah di Level 3, dari yang semula 39 daerah menjadi hanya 9 daerah. Sedangkan, dalam perpanjangan PPKM kali ini tidak ada daerah yang masuk dalam kategori Level 4. Artinya, mayoritas daerah di wilayah Jawa-Bali berada di level 1 dan 2 dengan total persentase sebanyak 93%.

Selain pembagian Level PPKM, perubahan substansi Inmendagri Nomor 20 Tahun 2022 juga terjadi pada pengaturan operasional pusat perbelanjaan/mal/pusat perdagangan, hingga warung makan dan restoran/kafe di daerah dengan status Level 2.

"Kini, berbagai fasilitas tersebut dapat beroperasi hingga pukul 22.00. Sebelumnya, pada Inmendagri Nomor 18 Tahun 2022 fasilitas tersebut hanya dapat beroperasi maksimal pukul 21.00. Sedangkan untuk pengaturan jam operasional di Level 1 dan Level 3 tidak mengalami perubahan," ujarnya. (OL-4)

Baca Juga

MGN/Pahrul Roji

Holywings Digugat Rp100 Miliar oleh Dua Orang Bernama Muhammad

👤Pahrul Roji (MGN), Narendra Wisnu Karisma 🕔Kamis 30 Juni 2022, 19:18 WIB
"Kami meminta ganti rugi sebesar Rp 100 miliar...
Antara

Sidak ke Kepulauan Seribu, DPRD DKI Temukan Helipad Ilegal

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 30 Juni 2022, 18:57 WIB
DPRD DKI Jakarta berencana memanggil Bupati Kepulauan Seribu terkait temuan helipad ilegal. Serta, menelusuri onkum yang bermain di...
MGN/Rizki Nur Mohamad

Wagub DKI: Covid Melonjak karena Kendurnya Prokes dan Booster belum Merata

👤Rizki Nur Mohamad (MGN), Muhardi (SB) 🕔Kamis 30 Juni 2022, 18:57 WIB
"Memang banyak pelonggaran dibuka, itu artinya potensi penyebaran semakin tinggi. Semakin longgar kita semakin hati-hati, semakin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya