Selasa 30 November 2021, 15:50 WIB

Sumur Resapan Merusak Jalan dan Bahayakan Pengguna Lalu Lintas

Hilda Julaika | Megapolitan
Sumur Resapan Merusak Jalan dan Bahayakan Pengguna Lalu Lintas

MI/ANDRI WIDIYANTO
Pembuatan sumur resapan di Jakarta

 

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi mengkritik, pembuatan sumur resapan di kawasan Adityawarman, Jakarta Selatan. Dari pengecekan yang dilakukannya di lokasi, sumur resapan tersebut merusak jalan dan menghambat pengguna lalu lintas (lalin).

"Merusak, mengambil sebagian ruang badan pada jalan dan menghambat pengguna lalu lintas," kata Pras, sapaan akrabnya, melalui akun Instagram pribadinya, @prasetyoedimarsudi, Selasa (30/11).

Lebih lanjut dijelaskan, sumur resapan yang didesain untuk memasukkan air hujan ke dalam tanah sangat tidak efektif diterapkan di Ibu Kota. Pasalnya pembangunan sumur resapan ini menurutnya justru merusak jalanan yang sebelumnya mulus menjadi bergelombang.

Baca juga: Kapolda Akan Fasilitasi Balap Liar di Ibu Kota

"Sangat merugikan banyak pengguna jalan karena jalanan menjadi bergelombang, berbeda tinggi, bahkan beberapa waktu lalu kita semua mendengar kalau ada sumur resapan yang baru dibangun tapi langsung jebol," paparnya.

Disebabkan sumur resapan dinilai tidak efektif, pihaknya pun mengatakan sudah memotong anggaran sumur resapan pada tahun 2022 dari Rp322 miliar menjadi Rp120 miliar.

Pras meminta Pemprov DKI Jakarta turun langsung ke tempat pengerjaan proyek sumur resapan agar bisa melihat efektivitas dan kekurangan dari program sumur resapan itu.

"Pesan saya sering-seringlah turun ke lapangan untuk melihat langsung tingkat efektivitas pengendalian banjir di Ibu Kota. Ingat, permasalahan banyak bukan di atas meja, tapi di lapangan," tutupnya. (OL-4)

Baca Juga

Antara

243 Kasus Omikron Transmisi Lokal Terdeteksi di DKI

👤Ant 🕔Senin 17 Januari 2022, 23:27 WIB
"Total kasus omikron di DKI ada 825, terpapar dari luar negeri 582, yang transmisi lokal atau nonpelaku perjalanan luar negeri 243...
MI/Rahmatul Fajri

Polisi Terbitkan SP3 Kasus Mafia Tanah Tukang AC

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 17 Januari 2022, 20:32 WIB
POLRES Metro Jakarta Barat mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) dalam kasus mafia tanah dengan korban tukang AC, Ng Je...
Medcom

Penetapan Raperda Tangsel 2022 Jangan Tabrak Regulasi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Senin 17 Januari 2022, 20:22 WIB
DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, telah memasukan 24 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) ke Program Pembentukan Perda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya