Minggu 01 Agustus 2021, 20:30 WIB

Anies Sebut PPKM Darurat Berhasil Turunkan Kasus Covid-19

Hilda Julaika | Megapolitan
Anies Sebut PPKM Darurat Berhasil Turunkan Kasus Covid-19

MI/ Ramdani
Anies Baswedan

 

GUBERNUR DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan penerapan PPKM Darurat sejak 3 Juli berhasil memutuskan kasus aktif covid-19 di Jakarta. Menurutnya hal ini adalah hasil dari kerja keras ribuan petugas pengawas, tenaga kesehatan, dan masyarakat.

“Saya ingin garis bawahi bahwa kegiatan pembatasan mobilitas sejak awal Juli kemarin berdampak amat baik pada pengendalian covid. Ini adalah hasil kerja keras kita semua,” kata Anies di Polda Metro Jaya, Minggu (1/8).

Hal ini bisa terlihat dari penurunan kasus baru dan kasus aktif covid-19 dalam dua pekan terakhir. Untuk perbandingan, pada tanggal 16 Juli terdapat 113 ribu kasus covid-19. Kemudian dua pekan kemudian, pada akhir Juli ini hanya ada 17 ribu kasus aktif.

“Bayangkan turun 100 ribu kasus aktif, ini bukti konkret bahwa pembatasan mobilitas yang dikerjakan kemarin efektif. Mari kita teruskan. Saya mengajak kepada semua untuk jangan kendor, ini belum selesai,” tegasnya.

Adapun untuk positivity rate, pada 16 April angkanya masih sangat tinggi di angka 45%. Saat ini positivity rate turun jadi 15%. “Insya Allah kalau ini di bawah 5%, kita bisa mengatakan masuk zona aman,” imbuhnya.

Penurunan kasus juga terlihat dari menurunnya keterisian rumah sakit menjadi sekitar 70%. Sementara pertengahan Juli ini keterisian RS melonjak di angka 94%-95%. Namun, DKI Jakarta masih terus berupaya menekan angka keterisian rumah sakit sesuai dengan standar aman dari WHO sebesar di bawah 60%. (OL-8)

 

Baca Juga

MI/M. Irfan

Anies Diusung NasDem, Wagub : Saya Tetap Dukung Prabowo Jadi Presiden

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 11:47 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menanggapi Gubernur Anies Baswedan yang sudah secara resmi diusung oleh partai politik untuk...
Dok.SIG

SIG Turut Wujudkan Impian Pejalan Kaki Untuk Memiliki Trotoar Yang Ramah Dan Aman di Jakarta

👤Media Indonesia.com 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 06:51 WIB
SIG turut berpartisipasi dalam kegiatan penataan trotoar di Jakarta dari tahun 2016 hingga saat...
Antara

Update 3 Oktober 2022: 384 Kasus Covid-19 Terdeteksi di DKI Jakarta

👤MGN 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:45 WIB
That figure is equivalent to 33.9 percent of the total cases...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya