Jumat 16 Juli 2021, 16:01 WIB

PLN Siagakan 2.356 Personel untuk Jaga Aliran Listrik di DKI

Hilda Julaika | Megapolitan
PLN Siagakan 2.356 Personel untuk Jaga Aliran Listrik di DKI

Dok. MI
Ilustrasi tower listrik tegangan tinggi yang berdiri di wilayah permukiman Jakarta.

 

SEBANYAK 2.356 personel PLN bersiaga menjaga keandalan listrik di wilayah DKI Jakarta. Khususnya, lokasi penunjang penanganan pandemi covid-19. Seperti, rumah sakit, pabrik oksigen, rusun tempat isolasi mandiri, hingga lokasi vaksinasi massal.

Menurut General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan, pihaknya turut memantau kebutuhan listrik di asrama haji yang ditetapkan pemerintah sebagai Rumah Sakit Darurat (RSD). Sebab, listrik merupakan penunjang penting, termasuk untuk High Care Unit (HCU) yang membutuhkan keandalan listrik tinggi.

"Pandemi ini dirasakan semua orang, bahkan seluruh dunia. Kami siap berkolaborasi untuk menghadapi pandemi. Tentu saja dengan peran masing-masing. Peran kami untuk memastikan kecukupan dan keandalan listrik," ucap Doddy, Jumat (16/7).

Baca juga: Polda Metro Sebut tak Bisa Hindari Kemacetan di Titik Penyekatan

Dalam koordinasi, Direktur Bina Penataan Bangunan Kementerian PUPR Boby Al Azhari menyampaikan bahwa dalam penyiapan RSD di asrama haji akan dilengkapi dengan HCU dan ICU (Intensive Care Unit), yang membutuhkan listrik besar. Sehingga, koordinasi dengan PLN terkait ketersediaan listrik sangat diperlukan.

Untuk operasional Asrama Haji sebagai RSD dibutuhkan daya listrik yang cukup dan andal. PLN mendukung dengan penambahan daya listrik eksisting dari 1,5 juta Volt Ampere (VA) menjadi 2 juta VA. Perseroan juga melakukan penambahan daya sementara sebesar 1 juta VA.

Baca juga: Ini Prosedur Rujukan ke Lokasi Isolasi Terkendali di Jakarta

Saat ini, asrama haji mendapat dua pasokan listrik, yakni utama dan cadangan. Apabila terjadi gangguan pada suplai utama, akan berpindah ke suplai cadangan. Pemprov DKI Jakarta baru saja menjadikan Rusun Nagrak sebagai lokasi isolasi bagi pasien covid-19. PLN juga bersiaga menjaga keandalan listriknya. 

Dalam menjaga keandalan kelistrikan Ibu Kota, PLN UID Jakarta Raya turut menyiagakan 6 unit UPS, 4 unit kabel bergerak, 17 unit gardu distribusi bergerak, 20 unit Power Bank PLN dan 6 unit mobil deteksi. Meski PPKM darurat sedang berlangsung, PLN tetap bersiaga memastikan pasokan listrik sampai masyarakat dan lokasi strategis.(OL-11)

 

 

Baca Juga

Antara

Mafia Narkoba Dimungkinkan Ada di Tubuh Polri

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 13:21 WIB
Dia mengatakan sama halnya dalam organisasi mafia yang memiliki kode etik Omerta. Mereka saling menutupi kejahatan dan memiliki jiwa korsa...
ANTARA FOTO/Indrianto EKo

HUT Ke-77 RI, Anies: Ini Perjuangan Seluruh Bangsa

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 12:12 WIB
Anies mengatakan, kemerdekaan bukan hanya dinyatakan oleh satu atau dua orang, melainkan seluruh komponen...
dok.Ant

Anies: Persatuan Bisa Terwujud Jika Kesetaraan Tercapai

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 11:43 WIB
GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan persatuan dan kesatuan bangsa bisa sepenuhnya diwujudkan jika pemerintah bisa menciptakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya