Jumat 21 Mei 2021, 18:42 WIB

Polisi Tandai Rumah Pemudik di Kampung Makasar dengan Stiker

Rahmatul Fajri | Megapolitan
Polisi Tandai Rumah Pemudik di Kampung Makasar dengan Stiker

Dok Polda Metro Jaya
Kombes Sambodo Purnomo Yogo

 

KEPOLISIAN Polda Metro Jaya menempel stiker di rumah para pemudik di Kampung Tangguh Jaya Kampung Makasar, Jakarta Timur.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam kunjungannya di Kampung Tangguh tersebut mengatakan upaya tersebut dilakukan sebagai deteksi dini jika ada warga atau pemudik yang terpapar covid-19.

"Kalaupun ada yang terpapar kita harus mampu dengan segera memisahkan atau mendatakan dan melaksanakan tracing, treatment kepada para pemudik yang terpapar covid-19. Sehingga, kemudian jangan sampai mereka keburu berinteraksi dengan tetangganya baru kemudian diketahui," kata Sambodo di lokasi, Jumat (21/5).

Sambodo menjelaskan bagi pemudik yang belum kembali ke Jakarta, rumahnya akan ditempeli stiker kuning. Di dalam stiker itu tertera intruksi kepada warga agar segera menghubungi Satgas Covid-19 setelah tiba di Jakarta untuk dilakukan tes kesehatan.

Sedangkan, bagi warga yang sudah diperiksa dan dinyatakan negatif, maka rumahnya akan ditempeli stiker warna hijau. Kemudian, warga yang positif covid-19, maka rumahnya akan ditandai dengan stiker merah.

Lebih lanjut, Sambodo mengatakan pihaknya telah berupaya melakukan pelacakan secara berlapis dengan cara melakukan penyekatan dan swab antigen ke para pemudik yang kembali ke Jakarta.

"Pemeriksaan kepada pemudik yang kembali ke Jakarta dilaksanakan berlapis-lapis. Lapis pertama di titik keberangkatan. Jadi sejak awal kita PMJ Kodam Jaya sudah mengimbau pemudik yang kembali ke Jakarta harus membawa surat bebas covid-19. Saringan keduanya adalah di pintu masuk Jakarta," kata Sambodo.

Sambodo berharap upaya ini bisa mencegah penyebaran covid-19, khususnya di Kampung Makasar.

"Sampai beberapa hari ke depan kita akan data dan sambangi untuk tes swab antigen. Tentu kita mau Kampung Makasar ini sehat dan terbebas dari covid-19," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Pemkot Jakpus Antisipasi Rawan Genangan Banjir 

👤Yakub Pryatama 🕔Sabtu 18 September 2021, 10:08 WIB
Irwandi menuturkan pihaknya akan mengecek pompa air apakah berfungsi baik atau...
Ist

Dosen UNJ Kembangkan Literasi Bahasa Asing di TBM Bukit Duri Bercerita

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 20:26 WIB
Sejumlah dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) melakukan pengabdikan masyarakat sebagai wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi di...
Dok. akun YouTube MuhammadKece

Polri: Muhammad Kece Dianiaya Tahanan Rutan Bareskrim

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 17 September 2021, 20:14 WIB
YouTuber yang menjadi tersangka kasus penistaan agama itu telah melaporkan pelaku penganiayaan terhadap dirinya selama berada di Rutan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Ramai-Ramai Abai Laporkan Kekayaan

KPK mengungkap kepatuhan para pejabat membuat LHKPN tahun ini bermasalah. Akurasinya juga diduga meragukan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya