Minggu 11 April 2021, 20:00 WIB

Baznas (Bazis) DKI Lepas Duta Imam Tarawih ke Masjid di Jakarta

mediaindonesia.com | Megapolitan
Baznas (Bazis) DKI Lepas Duta Imam Tarawih ke Masjid di Jakarta

Ist/Baznas
Acara pelepasan Duta Imam Tarawih Ramadhan 1442 H, yang di tempatkan di masjid-masjid di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

 

MEMASUKI bulan suci Ramadan 1442 H yang penuh dengan rahmat, keberkahan dan kemuliaan, Baznas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta bersama dengan Lembaga Bahasa dan Ilmu Al-Quran (LBIQ) Provinsi DKI Jakarta melepas Duta Imam Tarawih Ramadhan 1442 H, yang di tempatkan di masjid-masjid di wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Pelepasan dilakukan di Ruang Pola Gubernur Provinsi DKI Jakarta yang dilepas secara langsung oleh Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, Phd. 

Pada keterangan pers, Minggu (11/4), Kepala Biro Pendidikan dan mental Spiritual, Muhammad Zen menyampaikan bahwa Program kolaborasi Baznas Bazis dengan LBIQ dalam merekrut para duta imam melalui tahapan seleksi panjang.

"Telah dilakukan ujian seleksi, pemberian pembekalan selama satu bulan lebih, selain itu juga dilakukan seleksi tingkat hafalan para calon imam tarawih di masjid," jelas Muhammad Zen.  

Para calon imam tarawih disyaratkan harus memenuhi beberapa kriteria diantaranya adalah memiliki hafalan Al-Qur'an minimal 10 juz, sehat jasmani dan rohani, dengan rentang usia 20-50 tahun, disyaratkan juga wajib menguasai hukum tajwid, dan memiliki suara yang merdu. 

“Para duta imam terpilih telah diseleksi berdasarakan tingkat hafalan Juz Al Qur’an dari mulai yang hafal 10 juz, 20 juz sampai dengan 30 Juz,” ujar Muhammad Zen.

“Dari 591 pendaftar calon imam, terpilih 100 duta Imam. 100 duta imam yang terpilih kemudian diberikan pembekalan dan pembinaan bacaan Al-Qur’an dan Langgam bacanya dari LBIQ,”. Tambah Muhammad Zen. 

Sementara itu, Ketua Baznas (Bazis) DKI Jakarta, KH Ahmad Lutfi Fathullah menyampaikan, Program Duta Imam Tarawih pada tahun ini merupakan program awal yang memang dicanangkan dapat mengisi masjid-masjid di DKI Jakarta dengan para Imam yang tentunya baik dan benar dalam bacaan Al Qur’annya dan indah dalam lantunan bacaannya. 

K.H. Luthfi Fathullah menambahkan, Baznas (Bazis) DKI Jakarta akan terus melakukan inovasi dan membuat program-program yang berkualitas dengan bersinergi bersama Pemprov DKI Jakarta. 

“Baznas (Bazis) akan secara penuh terus berinovasi memberikan program-program yang dapat bersinergi dengan Pemprov DKI Jakarta”. tambah, Kyai Luthfi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam sambutannya berharap para duta imam tarawih Ramadan 1442 H bukan hanya sekedar menjadi imam tarawih semata, melainkan dapat menjadi inspirasi bagi para jamaah dalam membaca Al-quran dengan baik dan benar. 

“Kami berharap agar para duta imam tarawih Ramadan 1442 H bukan hanya sekedar menjadi imam tarawih semata, melainkan juga menjadi inspirasi bagi para jamaah masjid-masjid di DKI Jakarta, khusunya dalam membaca Al-Quran secara baik dan benar,” ujar Anies.

Anies juga berharap para duta imam tarawih nantinya juga dapat memberikan inspirasi bagi para pemuda dan pemudi DKI Jakarta sehingga mereka antusias untuk membaca, menghayati, dan bahkan menjadi penghafal al-Qur’an.

“Selain itu para duta imam diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para pemuda-pemudi DKI Jakarta sehingga mereka antusias dalam membaca, menghayati, dan bahkan menjadi penghafal al Qur’an,” tambahnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ist

Tingkatkan Minat Baca dan Literasi, Bale Buku Jakarta Diresmikan

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 07 Mei 2021, 22:49 WIB
Bale Buku Jakarta yang diresmikan akan menjadi sarana bagi masyarakat di wilayah setempat  agar lebih mudah mendapatkan akses...
Antara

Pemudik Pakai Ambulans untuk Kelabuhi Petugas

👤Ant 🕔Jumat 07 Mei 2021, 22:06 WIB
Saat dimintai keterangan penumpang tersebut berkilah menumpang ambulans karena alasan keluarga sakit dan...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

515 Pemohon Ajukan SIKM di Jakarta, Hanya 65 yang Disetujui

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Jumat 07 Mei 2021, 20:45 WIB
Dari jumlah tersebut, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, hanya 65 permohonan yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya