Sabtu 05 Desember 2020, 05:10 WIB

Tim Pemburu Covid-19 Mulai Bergerak

(Faj/Ykb/Put/J-1) | Megapolitan
Tim Pemburu Covid-19 Mulai Bergerak

DOK HUMAS PMJ
TIM PEMBURU COVID-19: Kapolda Metro Jaya Irjen Mohammad Fadil Imran (kanan) bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman (kiri)

 

POLDA Metro Jaya kemarin meluncurkan Tim Pemburu Covid-19 bekerja sama dengan Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta serta institusi terkait di Jakarta.

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan Tim Pemburu Covid-19 memiliki tugas 3T, yakni testing, tracing, dan treatment, serta penegakan disiplin protokol kesehatan di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Dengan semangat yang sama, Tim Covid-19 Hunter akan melaksanakan tugasnya untuk menegakkan disiplin protokol kesehatan dan juga melakukan testing, tracing, dan treatment, kepada masyarakat luas. Kita bergerak bersama-sama untuk menciptakan Jakarta Sehat dan Jakarta Aman," ajak Fadil.

Tim Pemburu Covid-19 ini terdiri dari 17 tim Polda Metro Jaya dan polres jajarannya. Jajaran ini merupakan gabungan antara Polri, TNI, dan Satpol PP yang nantinya akan dilengkapi dengan kendaraan dan alat pelindung diri saat bertugas.

Tim ini juga akan melakukan rapid test dan swab test sampai penyemprotan disinfektan, serta melakukan pembubaran kerumunan massa di setiap titik yang ada. "Tim ini akan terus bergerak dan menindak tegas setiap pelaku pelanggar protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku. Tidak boleh lagi ada pelanggaran," jelas Fadil.

Tidak itu saja, mantan Kapolda Jawa Timur ini juga meminta kepada tim untuk langsung memberi sanksi kepada para pelanggar dengan melakukan sidang di tempat. "Ayo kita buat Jakarta menjadi zona oranye, lalu zona kuning, dan selanjutnya menjadi zona hijau," tandas Fadil.

Sementara itu, Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya menggerebek empat kafe di wilayah Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, dan Jakarta Selatan. "Kami lakukan penindakan di Tipsy Monkey Bar & Lounge dan 80 Proof, lalu di Brotherhood, dan NU China," ujar Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Mukti Juharsa.

Dari keempat kafe itu, hanya Brotherhood yang masih melanggar aturan prokes. Kafe yang terletak di Gunawarman itu melanggar kapasitas tamu melebihi 50%.

Mukti melakukan swab test kepada seluruh karyawan dan pengunjung Brotherhood. "Hasilnya negatif semua. Tapi tetap kami tindak karena tidak pakai jarak dan tidak pakai masker. Terkait jam buka masih ditoleransi," ucapnya.

Di lain sisi, Satpol PP Jakarta Selatan disibukkan dengan berbagai kegiatan pengawasan baik di siang hari maupun malam hari.

Kepala Satpol PP Jakarta Selatan Ujang Hermawan mengatakan selama pandemi ini, pihaknya terus menemukan warga yang berkerumun di berbagai lokasi yang memang dikenal sebagai lokasi tempat berkumpulnya anak muda sejak sebelum pandemi, seperti di Taman Ayodya, Jalan Bulungan, hingga flyover Jalan Antasari.

Menurutnya, meski sudah diimbau untuk tidak berkerumun dan selalu dibubarkan, warga tetap ada saja yang mencoba untuk mendatangi kawasan tersebut untuk hanya menghabiskan waktu. "Iya itu sudah kita selalu imbau kalau sudah selesai makan langsung pergi atau pulang. Yang di taman juga kalau sudah malam harus pulang. Tapi ya ada lagi, ada lagi. Tapi petugas tidak pernah absen untuk membubarkan kerumunan dan mengingatkan warga jaga jarak," ungkapnya.

Menurutnya, kesadaran warga terutama anak-anak muda ketika berkaitan dengan kegiatan kongko-kongko dengan teman sebaya masih rendah. Untuk itu, ia terus mengagendakan pengawasan di lokasi-lokasi yang rawan keramaian. "Seperti di FO Antasari itu juga ada yang berhenti untuk nongkrong. Kalau malam minggu itu biasanya lebih ramai. Kami bakal bubarkan," jelas dia. (Faj/Ykb/Put/J-1)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

Antara/M. Risyal Hidayat

Warga Sambut Positif HBKB di Jakarta Diadakan Lagi

👤Putri Ansia Yuliani 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 20:15 WIB
Selain itu, kebijakan ini juga sudah bisa dilakukan karena jumlah vaksinasi di Jakarta juga cukup tinggi sehingga ia menilai kekebalan...
ANtara/Yusuf Nigroho

Minyak Goreng Curah di Kota Bekasi Terpantau Sudah Turun Rp14 Ribu per liter

👤Rudi Kurniawansyah 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 19:00 WIB
Ia menjelaskan, turunnya harga minyak goreng sudah ditetapkan dari tingkat agen. Para pedagang biasa membeli dalam ukuran jiriken 5 hingga...
MI/Ramdani

Formula E Jadi Momentum Pertumbuhan Kendaraan Listrik

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 18:45 WIB
"Hadirnya Formula E ini menjadi momentum awal pertumbuhan industri kendaraan listrik. Ini juga menunjukkan pemerintah concern terhadap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya